1,1 Juta Wajib Pajak Badan Belum Melapor SPT

oleh -335 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Direktur Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan mencatat ada 325 ribu wajib pajak badan yang telah menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan.

Angka ini baru 22,1% dari jumlah wajib pajak badan yang seharusnya menyampaikan SPT pada tahun ini atau sebanyak 1,47 juta wajib pajak.

 

 

Dengan capaian tersebut, berarti masih ada sekitar 1,1 juta wajib pajak badan yang belum menyampaikan SPT Tahunannya.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama mengatakan, meski angka itu relatif kecil, namun pelaporan SPT wajib pajak badan hingga 18 Maret 2018 ini tumbuh sekitar 19% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Tumbuh sekitar 18%-19% dibandingkan tahun lalu di periode yang sama,” ujar Hestu dalam media gathering di Lombok, NTB, Rabu 18 April 2018 malam.

Menurutnya, jumlah yang melaporkan masih seimbang antara online maupun manual. Otoritas pajak mencatat, ada 111 ribu wajib pajak badan yang menyampaikan secara e-SPT dan secara manual sekitar 136 ribu wajib pajak.

Hestu mengatakan, pihaknya memahami jika masih banyak wajib pajak badan yang menyampaikan SPT secara manual. Sebab, SPT yang dilaporkan wajib pajak badan memang lebih rumit dibandingkan wajib pajak orang pribadi.

“WP badan yang wajib e-SPT dane-filing hanya di Kantor Wilayah (Kanwil) LTO dan besar serta Madya. Kanwil lain tidak di wajibkan e-filing karena membutuhkan tingkat kerumitannya berbeda,” katanya.

Selain itu, SPT wajib pajak badan juga memerlukan beberapa lampiran pendukung, seperti lapoan keuangan, perhitungan bruto dan pembayaran PPh final, daftar nominatif pengeluaran biaya promosi dan biaya entertainment, laporan dan surat pernyataan sisa lebih anggaran khusus perusahaan nirlaba, hingga pemberitahuan bentuk penanaman modal dan bukti penerimaan negara.

“Wajib pajak badan lampiran banyak dan bisa tebal. Nah ini beda dengan wajib pajak pribadi yang kami dorong e-filing. Jadi antara online dan manual WP Badan fifty-fifty,” jelasnya.

Meskipun demikian, otoritas pajak tak memberikan target jumlah wajib pajak badan yang melaporkan SPT di tahun ini.

“Secara total kami enggak membagi orang pribadi atau badan. Keseluruhan 17,6 juta itu 80% atau 14 juta itu orang pribadi dan badan,” jelasnya.

Pelaporan SPT bagi wajib pajak badan paling lambat hingga 30 April 2018. Jika lewat dari tanggal tersebut, maka wajib pajak badan dikenakan denda sebesar Rp 1 juta.

Sumber: kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *