Awal Kelahiran Sang Volkswagen Kodok, Penasaran?

BOLAQIUQIU, Berita Akurat – Hampir seluruh manusia di segala belahan bumi mengenal bentuk dari VW Beetle alias Kodok, dan bisa dianggap sebagai mobil dengan tingkat kepopularitas tinggi yang pertama.

Sejarah mobil Volkswagen yang dikenal dengan nama VW Beetle ini sangat rumit dan panjang untuk diceritakan. Hal itu bermula pada 22 Juni 1934 saat asosiasi industri otomotif negeri Jerman mendorong Porsche untuk membangun Volkswagen (Mobil Rakyat dalam bahasa Jerman).

Esoknya pada 23 Juni, menjadi hari paling bersejarah bagi kedua nama tersebut. Pasalnya, 75 tahun lalu bertepatan dengan tanggal ini, pemerintah Jerman kala itu dipimpin oleh sang Fuhrer, Adolf Hitler memberikan perintah kepada Ferdinand Porsche untuk membangun sebuah konsep mobil sederhana.

Permintaan dari Hitler adalah mobil rakyat yang dapat mengangkut 5 orang ( 2 dewasa dan 3 anak), kecepatannya 100km/jam, mengkonsumsi bahan bakar 14km/liter dengan harga tidak lebih mahal dari sepeda motor bersespan samping.

Kemudian, dibuatlah konsep cikal bakal Beetle yang saat itu disebut Kraft durch Freude-Wagen (KdF-Wagen), kota di mana mobil ini dibuat dan diberi nama KdF-Stadt.

KdF-Wagen dituangkan dalam 30 prototipe pada 1937 dan dipasarkan mulai tahun 1938, namun terhenti setelah sempat memproduksi 630 unit akibat pecah Perang Dunia II pada 1939.

Untuk sementara, fasilitas pabriknya dialihkan untuk memproduksi kendaraan perang seperti Kubelwagen (jip) dan Schwimmwagen (kendaraan amfibi). Pada tahun 1942, muncul Kommandeurwagen dari basis KdF-Wagen berpenggerak empat roda/4×4.

Kekalahan Jerman atas sekutu (Inggris, Prancis, Rusia dan Amerika Serikat) membuat negeri itu terbagi-bagi. KdF-Stadt dikuasai oleh Angkatan Darat Inggris dan atas campur tangan mereka kemudian, mengubah nama kota menjadi Wolfsburg.

Kendaraan Volkswagen untuk masyarakat sipil mulai diproduksi kembali sebelum Perang Dunia II usai, tepatnya pada musim panas 1945.

Kendaraan sipil ini pun berubah nama menjadi VW Kafer atau VW Beetle (di Indonesia populer dengan nama VW Kodok). Kemudian, kendaraan ini menjadi populer berkat kesederhanaan, ketangguhan dan sederet kelabihan lainnya dan tersebar di berbagai belahan dunia.

Sumber: Otosia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *