Penyakit Batu Ginjal Bisa Memburuk Dari 6 Makanan Ini, Apa Itu?

BOLAQIUQIU, Berita Akurat – Ginjal merupakan tempat di mana disaringnya racun dan bahan berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Ketika makanan yang kamu komsumsi berisi banyak racun, maka racun ini akan mengendap di ginjal dan lama-kelamaan akan membentuk penyakit batu ginjal.

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari gejala penyakit batu ginjal dari awal, sehingga batu ginjal membesar dan bertambah parah. Pola makan yang buruk juga semakin membuat penyakit ini menjadi gawat.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang justru dapat memperburuk penyakit batu ginjal:

Bayam

Berdasarkan Dr.Deepshikha Agarwal, yang merupakan seorang ahli nutrisi dan diet di India, penderita batu ginjal sebaiknya menghindari mengonsumsi bayam. Bayam mengandung oxalate yang bisa mengikat kalsium dan membentuk kristal kalsium oxalate atau batu ketika ginjal memproduksi urine.

Tomat

Tomat juga termasuk sayuran yang mengandung banyak oxalate. Tomat biasanya dikonsumsi secara langsung atau terkandung dalam masakan.

Cokelat

Jika kamu bermasalah dengan batu ginjal, cokelat adalah pantangan terbesar. Cokelat diketahui mengandung oxalate yang bisa membuat keadaan ginjal semakin parah akibat batu ginjal.

Teh

Teh merupakan salah satu minuman sehat yang kaya manfaat untuk kesehatan. Namun, jika kamu menderita batu ginjal, sebaiknya kamu menghindari minum teh. Minum teh akan membuat batu ginjal semakin membesar dan dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi.

Makanan Laut

Orang yang memiliki batu ginjal sebaiknya lebih berhati-hati saat memakan makanan laut. Beberapa makanan laut banyak mengandung zat yang bernama purines. Purines dalam tubuh bisa meningkatkan produksi asam urat yang pada gilirannya dapat memicu terbentuknya batu asam urat.

Makanan Asin

Mengkonsumsi terlalu banyak saja sudah tidak baik untuk kesehatan orang yang normal, apalagi kepada orang yang bermasalah dengan batu ginjal. Sangat penting untuk membatasi konsumsi garam dan makanan asin setiap harinya.

Ini karena garam mengandung sodium yang dapat menyebabkan terlalu banyaknya pengeluaran kalsium pada urine yang diolah oleh ginjal, dan kelebihan kalsium ini akan mengikat oxalate yang ada di dalam makanan untuk kemudian menyebabkan pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari makanan yang banyak mengandung garam.

Selain makanan di atas, kamu juga harus hindari makanan lain seperti jambu, kacang tanah, ubi jalar dan buah bit. Ganti makanan-makanan tersebut dengan makanan dan minuman lain yang lebih sehat seperti air mineral, jus lemon, air kelapa dan makanan lainnya yang bisa mencegah terbentuknya batu ginjal.

 

Sumber: Merdeka.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *