Ternyata Air Putih Juga Bisa Basi!

BOLAQIUQIU, Berita Akurat – Semua makanan yang telah disimpan, apalagi disimpan pada ruangan terbuka, akan basi. Hal itu juga berlaku kepada makanan dan minuman kemasan. Oleh karena itu, makanan atau minuman kemasan selalu memiliki tanggal kedaluwarsa. Tapi, bagaimana dengan air putih? Apa air putih bisa menjadi basi? Dan apa yang bisa menyebabkan air putih basi?

Mungkinkah air putih basi?

Pada dasarnya, makanan atau minuman yang sudah basi berpotensi untuk mengakibatkan keracunan jika dikonsumsi. Makanan atau minuman basi biasanya diakibatkan oleh kontaminasi dari kuman dan bakteri pada makanan ataupun minuman. Kuman, bakteri atau jamur membuat makanan dan minuman tidak layak lagi untuk dikonsumsi.

Lalu, bagaimana dengan air putih? Apakah mungkin air putih basi? Sama halnya seperti makanan dan minuman, air putih yang kamu konsumsi tentu saja bisa basi dan kedaluwarsa. Kok bisa? Berikut ini adalah penjelasannya:

Air putih basi bisa dilihat dari tanggal kedaluwarsa

Jika kamu meminum air putih dari botol kemasan, kamu bisa melihat tanggal kedaluwarsa pada kemasan tutup botol tersebut. Memang semua makanan dan minuman kemasan harus mencantumkan tanggal kedaluwarsa untuk menjaga kesehatan konsumen dan mencegah keracunan pada konsumen.

Sebenarnya, tanggal kedaluwarsa yang ada pada kemasan botol air putih tidak terlalu memengaruhi kualitas air. Apabila tanggal kedaluwarsa sudah lewat, kualitas air mungkin masih cukup baik dan dapat diminum. Namun, hal ini juga dipengaruhi dari cara penyimpanannya.

Bila kemasan botol air putih terlalu sering terpapar sinar matahari, maka air minum semakin berpotensi terkontaminasi zat-zat kimia yang berasal dari botol minuman tersebut. Lebih baik juga untuk menghindari minuman yang telah melewati tanggal kedaluwarsanya.

Air putih basi akibat dari kontaminasi jamur, bakteri, dan kuman.

Memang pada dasarnya, air putih basi tidak seperti makanan atau minuman yang cepat basi. Air putih basi akibat terkontaminasi oleh berbagai kuman, jamur, dan bakteri yang ada di sekitar. Semua bakteri dan kuman penyakit yang mengontaminasu membuat kualitas air minum kamu menurun dalam waktu yang cukup lama.

Misalkan, kamu meninggalkan air putih dalam gelas atau wadah yang terbuka selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Maka, ketika kamu melihatnya kembali, kamu dapat melihat air sudah berubah warna sedikit, menjadi sarang nyamuk, atau bahkan ditumbuhi oleh jamur. Hal ini yang membuat air putih menjadi basi dan tentunya mengonsumsi air tersebut dapat membahayakan kesehatan kamu.

Bagaimana cara menjaga kualitas air putih?

Semua tergantung dari bagaimana dan dimana kamu menyimpan air putih tersebut. Air putih memang tidak akan basi ataupun terkontaminasi dalam waktu yang cepat. Dengan kata lain, air putih tidak akan basi secepat makanan atau minuman yang memiliki rasa. Namun, penting untuk menjaga kualitasnya untuk mencegah kontaminasi dari luar.

Jadi, sebaiknya hindari menyimpan air putih dengan wadah yang terbuka dalam waktu yang lama. Selain itu, lebih baik jangan menyimpan botol minuman di tempat yang bisa langsung terkena sinar matahari.

 

Sumber: HelloSehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *