Ini Sebabnya Sekitar 4000 Pulau di Indonesia Hilang dari Peta Indonesia

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

BOLAQIUQIU, Berita Akurat – Indonesia adalah negeri kepulauan yang terdiri dari pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Papua serta pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh nusantara.

Ketika ditanya tentang jumlah pulau di Indonesia, hampir semua orang akan menyebut angka 17 ribuan, atau bagi yang mampu mengingat dengan tepat, akan menyebut angka persisnya, yaitu 17.508 pulau.

Ternyata itu salah!

Menurut penelitian terbaru, jumlah pulau di Indonesia ada 13.487 pulau. Kenapa jumlahnya bisa berbeda sekitar 4 ribu?

Ini karena perbedaan cara hitung. Penghitungan sebelumnya adalah semua daratan termasuk gosong dihitung sebagai pulau.

Sementara, penghitungan sekarang mengacu kepada definisi pulau yang ditentukan oleh PBB tentang Hukum Laut Internasional.

 

Ayo Join di BOLAQIUQIU, Situs Betting Online Terpercaya di Indonesia yang memakai sistem terbaru sehingga memudahkan anda untuk bermain dan bertransaksi. Dengan 1 ID, anda bisa menikmati 7 permainan yang kami sediakan dengan minimal Deposit & Withdraw Rp 30.000 dan BOLAQIUQIU juga mempunyai Promo Bonus Rp 5.000 setiap melakukan Deposit minimal Rp 50.000 setiap hari! ( Berlaku 1x sehari dan tidak berlaku kelipatan )

 

Menurut Hukum Laut Internasional, pulau adalah daratan yang terbentuk secara alami dan dikelilingi oleh air, dan selalu di atas muka air pada saat air pasang naik tertinggi, yang artinya sebuah pulau tidak boleh tenggelam pada saat air pasang naik.

Dengan mengacu pada hukum PBB, maka pulau-pulau gosong tidak lagi dimasukkan sebagai pulai sehingga jumlahnya pun berkurang sekitar 4 ribu pulau.

 

Sumber: TribunNews

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *