Inilah 5 Kelompok Hacker Ternama Yang Ditakuti Dunia

oleh

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Berita Akurat Terpercaya, BERITAAKURAT – Seiring dengan berjalannya waktu, aksi peretasan internet kini berkembang dari sebatas di ruang bawah tanah menjadi grup besar yang didukung oleh berbagai negara tertentu.

 

Ayo Join di BOLAQIUQIU, Situs Betting Online Terpercaya di Indonesia yang memakai sistem terbaru sehingga memudahkan anda untuk bermain dan bertransaksi. Dengan 1 ID, anda bisa menikmati 7 permainan yang kami sediakan dengan minimal Deposit & Withdraw Rp 30.000 dan BOLAQIUQIU juga mempunyai Promo Bonus Rp 5.000 setiap melakukan Deposit minimal Rp 50.000 setiap hari! ( Berlaku 1x sehari dan tidak berlaku kelipatan )

 

Semakin efektif beroperasi dalam 1 grup, tidak ayal beberapa dari grup peretas tersebut cukup disegani dan ditakuti. Berikut ini adalah 5 grup peretas paling dikenal dan ditakuti dunia:

1. Fancy Bear dan Cozy Bear

Kedua grup ini menjadi sorotan selama pemilihan Presiden Amerika Serikat pada tahun lalu. Diduga, kedua grup ini sudah melanggar sistem Democratic National Committee. Fancy Bear yang merupakan lulusan FRU, badan intelijen Rusia ini ikut campur dalam proses pemilihan di beberapa negara Eropa.

Sementara itu, Cozy Bear yang mewakili FSB, pernah menyerang organisasi yang melakukan berbagai penelitian dan advokasi mengenai topik seperti kebijakan sosial, strategi politik, ekonomi, militer, teknologi, dan budaya di Amerika Serikat.

2. Lazarus Group

Dipercaya memiliki hubungan yang kuat dengan Korea Utara, grup hacker ini mengawali aksi peretasannya dengan laman web Amerika Serikat dan Korea Selatan dengan serangan denial of service atau lebih dikenal dengan serangan DoS pada tahun 2009.

Selang 5 tahun kemudian, group yang sama juga diduga meretas Sony Pictures Entertaiment. Kemudian, pada tahun 2016, Lazarus mencuri US$ 81 juta dari bank sentral Bangladesh.

Terakhir, Lazarus dikaitkan dengan serangan ransomware WannaCry yang melanda dunia pada Mei 2017.

3. Equation Group

Diberi nama oleh perusahaan anti virus asal Rusia, Kaspersky, group ini diyakini memiliki hubungan yang erat dengan Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat.

Meskipun banyak yang percaya bahwa group ini termasuk white hat hacker, beberapa ahli percaya bahwa Equation Group menyerang program nuklir Iran.

Namun, baru-baru ini, beberapa tools peretasan yang digunakan oleh group tersebut dicuri dan dibocorkan oleh tim hacker lain, yang diyakini memiliki hubungan dengan orang Rusiaa yang bernama Shackow Brokers, dan digunakan untuk membuat kekacauan.

4. Comment Crew

Tidak dapat dipungkiri, Comment Crew meruoakan salah satu grup hacker tenama yang disponsori oleh Tiongkok. Jadi, bagian People Liberation Army, grup ini memiliki kebiasaan untuk menyembunyikan komentar pengguna di laman web.

Diungkap dari tim forensik siber di Mandiant, grup ini diasosiasikan dengan aksi penyusupan yang terjadi pada perusahaan besar seperti Coca-cola, RSA, dan Lockheed Marthin.

Namun, aktivitas mereka semakin menurun semenjak mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan Presiden Tiongkok, Xi JinPing bersepakat untuk tidak melancarkan serangan siber tahun lalu.

5. Sandworm

Sandworm adalah grup peretas lain yang diyakini memiliki keterkaitan dengan negara Rusia. Kabarnya, grup ini sudah meretas orang-orang yang memiliki hubungan dengan NATO dan pemerintah Ukraina untuk mengumpulkan data-data intelijen.

Sandworm juga dikenal karena membobol berbagai perusahaan yang menangani infrastruktur penting. Pada tahun lalu, Sandworm menutup jaringan listrik di Ukraina.

 

Sumber: Liputan6

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *