Inilah Produk Pertama dari Merek Ternama Dunia

Berita Akurat Terpercaya, Berita Akurat – Nama besar sebuah merek atau brand tidak langsung didapat begitu saja. Bahkan, produk dari brand-brand ternama yang pada saat ini kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari mengalami perubahan terus-menerus.

 

 

Penyempurnaan dan inovasi terus dilakukan supaya bertahan di pasaran. Berikut ini produk pertama dari brand-brand ternama yang biasa kamu konsumsi atau gunakan sehari-hari.

 

Nintendo – Hanafuda Playing Cards

Nintendo merupakan merek video game yang diluncurkan sekitar tahun 1980-an. Mario Bros, The Legend of Zelda dan Pokemen adalah game-game keluaran Nintendo pada tahun 1990-an. Namun, pada awal berdiri, yaitu pada 1889, Nintendo merupakan perusahaan kartu mainan yang berbasis di Kyoto, Jepang. Produk pertamanya diberi nama Hanafuda yang artinya kartu bunga yang sangat populer di kalangan kelompok penjahat dan sering dimainkan di ruang-ruang judi di Jepang.

 

L’Oréal – Pewarna Rambut

Sebelum dikenal sebagai produk kecantikan, L’Oréal dikenal sebagai salah satu pewarna rambut yang aman serta efektif namun sangat sulit didapatkan. Seorang ahli kimia asal Prancis, Eugène Schueller bereksperimen untuk menciptakan pewarna rambut ini, bahkan sampai membuat ledakan di rumahnya dan didatangi polisi.

Akhirnya, dia menyempurnakan produknya pada tahun 1907 dan mendirikan perusahaan yang akan menjadi L’Oréal 2 tahun kemudian.

 

IKEA – Pulpen, Stocking dll

Pendiri IKEA, Ingvar Kampard mempunyai bakat kewirausahaan sejak kecil. Pada usia 5 tahun, ia menjual korek api yang dia beli dari Stockholm. Lalu, ia juga pernah menjual bibit bunga, kartu ucapan, hiasan pohon natal dan masih banyak lagi.

Pada tahun 1943, ketika usianya 17 tahun, dia mendirikan IKEA dari meja dapur pamannya. Ia juga memulai bisnis mail-order juga menjual berbagai barang seperti stocking, perhiasan, jam tangan, pulpen dan bingkai foto. Kemudian, dia menambahkan perabotan pertama beberapa tahun ke depan. Pada tahun 1951, dia membuat katalog IKEA dan showroom IKEA pertama pada 1953. Sejak saat itu, dia berfokus pada bisnis furniture.

 

Nestlé – Susu Formula untuk Bayi

Nestlé merupakan perusahaan makanan terbesar di dunia. Ia memiliki banyak brand untuk berbagai jenis makanan, mulai dari permen hingga makanan hewan. Tetapi, produk pertamanya adalah susu formula untuk bayi.

Pada tahun 1867, Henri Nestlé, seorang apoteker kelahiran Jerman memulai debutnya dengan produk alternatif ASI yang mudah dicerna bayi yang disebut farine lactée atau susu bubuk. Produk itu pun melesat di pasaran, dengan penjualan tahunan mencapai lebih dari 1 juta kaleng susu formula.

 

LEGO – Mainan Kayu

Pada saat ini, mungkin kamu tahu bahwa LEGO merupakan mainan yang terdiri dari brick plastik yang bisa disusun dan dibentuk menjadi apapun. Pada awal berdiri, Ole Kirk Kristiansen mengubah potongan kayu menjadi mainan anak-anak seperti kereta mainan, mobil dan bebek kayu. Ia mulai bereksperimen dengan beralih ke plastik dari kayu pada tahun 1947.

 

Pepsi Cola – Brad’s Drink

Sebelum bernama Pepsi-Cola, minuman soda ini bernama Brad’s Drink. Nama ini diambil dari sang penciptanya, Caleb Bradham. Namun rasanya seperti tidak menyegarkan kalau namanya Brad’s Drink. Pergantian nama ini pun dimulai pada tahun 1898.

 

Harley Davidson – Loop-frame Motorcycle

William dan Arthur Harley serta Walter Davidson mengembangkan motor pertama mereka pada tahun 1903. Namun saat itu masalahnya, sepeda tersebut tidak bertenaga. Pada percobaan mereka yang kedua, model baru dengan tambahan mesin dengan kerangka loop pun diciptakan. Itulah produk pertama mereka sebelum menjadi motor gede seperti sekarang.

 

Nike – Onitsuka Tiger Running Shoes

Awalnya, Nike adalah sebuah bisnis kecil yang dibuat oleh Phil Knight ketika bersekolah di Stanford Graduate School of Business. Ide awalnya dia membuat sepatu Jepang yang diproduksi secara berkualitas dengan harga lebih rendah dari sepatu-sepatu merek Jerman yang mendominasi pasar pada saat itu. Bisnis tersebut pun dimulai pada 1964. Nike-the Blue Ribbon Sports, dimulai sebagai distributor Onitsuka Tiger Running Shoes buatan Jepang, sampai akhirnya ia membuat sepatu sendiri.

 

Apple – The Apple I Computer

Sebelum ada yang namanya iPhone, iPod ataupun iWatch, Apple hadir dengan komputer. Apple I ditemukan pada tahun 1975. Konsepnya ada keyboard yang setiap diketik akan muncul di layar komputer yang ada di depannya.

Produk pertama ini dibuat sebanyak 50 mesin dan dihargai US$ 500 per item. Dan untuk menciptakan produk ini, Steve Wozniak harus menjual kalkulator HP-65 nya dan Steve Jobs menjual van Volkswagennya. Produk ini mendatangkan US$ 50.000 untuk perusahaan dan mendorong tim tersebut membuat Apple II.

 

Sumber: Provoke

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *