Inilah Sejarah 5 Merek Ternama Dunia Yang Tidak Banyak Diketahui

Berita Akurat Terpercaya, Berita Akurat – Sebagian besar dari kita yang akrab dengan bisnis startup, pasti akrab dengan strategi ini. Dimana bila produk atau strategi bisnis tidak bekerja, maka kamu harus memilih produk dan strategi yang berbeda.

 

 

Dalam istilah sederhana, menjauh dari ide asli dan mulai sesuatu yang lain. Mungkin kita beranggapan bahwa ide ini aneh dan tidak mungkin berhasil.

Namun, jika melihat sejarah beberapa perusahaan besar, kamu akan terkejut jika banyak dari mereka mulai dengan produk yang sama sekali berbeda dari apa yang mereka jual sekarang ini.

Berikut ini 5 sejarah perusahaan ternama dunia yang mungkin tidak diketahui orang.

 

1. Samsung

Pada tahun 1938, Lee Byung Chull mendirikan Samsung Sanghoe. Awalnya, Samsung adalah sebuah perusahaan perdagangan kecil yang menjual ikan kering, bahan makanan lokal, dan mie.

Pada tahun 1947, mereka pindah lokasi ke Seoul sebagai perusahaan berkembang. Lee terpaksa pindah dari Seoul pada saat Perang Korea dimulai, dan saat itulah, dia memulai penyulingan gula di Busan. Selama bertahun-tahun, Samsung mencoba berbagai industri dan akhirnya masuk ke pasar elektronik pada akhir 1960-an.

Hari ini, setelah hampir setengah abad, Samsung Elektronics merupakan perusahaan teknologi informasi terbesar ke-2 di dunia, diukur dari pendapatan pada tahun 2015 dan ke-5 di nilai pasar.

 

2. Nintendo

Nama “Nintendo” berarti “meninggalkan keberuntungan di surga”. Nintendo awalnya bukan menjual game melainkan kartu buatan tangan.

Pada tahun 1953, Nintendo menjadi perusahaan pertama di Jepang yang memproduksi kartu bermain dari plastik.

Pada tahun 1960-an dan awal 1970-an, Nintendo berjuang untuk tetap hidup dan dipaksa untuk masuk ke dalam pasar video game elektronik untuk bertahan hidup.

Tersedia secara komersial, konsol permainan video pertama mereka adalah “Magnavox Odyssey” membuat namanya mulai dikenal. Hingga kini, Nintendo menjadi salah satu merek game ternama di dunia.

 

3. Nokia

Pada tahun 1865, Fredrick Ideastam mendirikan sebuah pabrik pulp groundwood di tepi Sungai Tammerkoski. Enam tahun kemudian, dia mengembangkan usahanya dan merubah nama perusahaab menjadi “Nokia Ab”.

Pada awal abad ke 19, Nokia Ab mulai mengerjakan pembangkit listrik.

Ketika Nokia Ab hampir bangkrut setelah Perang Dunia I, Finnish Rubber Works, yang merupakan produsen sepatu karet mengakuisisi Nokia AB untuk pengerjaan pembangkit listrik.

Setelah 10 tahun, menjadi produsen telepon, telegraf, dan kabel listrik, perusahaan ini mulai membentuk industri baru, Nokia Corporation pada tahun 1967.

Nokia berkelana ke peralatan jaringan di tahun 1970-an dan komputer pribadi di tahun 80-an sebelum melangkah ke pasar telekomunikasi di tahun 1990-an.

 

4. Lamborghini

Ferruccio Lamborghini, memulai usahanya dari sebuah garasi kecil dan membuat jutaan traktor dari peralatan tentara yang ditinggalkan oleh pasukan sekutu pada tahun 1945.

Dia juga mulai membangun pembakar minyak dan sistem pendingin udara setelah keberhasilan pada produksi traktor.

Dengan keberhasilan bisnis ini, dia menjadi salah satu orang terkaya di Italia. Sayang, semuanya tidak berlangsung lama.

Atau lebih tepatnya ketika traktornya memiliki masalah dengan kopling dan garasi lokal tidak bisa memperbaikinya, dan apalagi pada saat itu, pencipta mobil Ferrari, Enzo Ferrari menghinanya.

Penghinaan inilah yang kemudian mengantarkannya menciptakan mobil GT paling populer di dunia, yaitu Lamborghini.

 

5. BMW

Perusahaan Rapp Motorenwerke Aircragt yang direstrukturisasi menjadi BMW memulai bisnisnya pada tahun 1917.

Satu tahun kemudian, mereka berhasil menciptakan mesin inline pesawat enam silinder yang disebut “BMW Illa”. Mesin ini dikenal memiliki kinerja yang cepat dan handal.

Setelah Perang Dunia I, perusahaan tidak bisa menghasilkan mesin pesawat karena gencatan senjata. Akibatnya, BMW mengalihkan foksu mereka dan mulai mengerjakan manufaktur sepeda motor.

Pada tahun 1923, BMW meluncurkan sepeda motor pertama mereka dan pada tahun 1928, perusahaan pun memproduksi mobil pertama mereka, DIXI.

Pada hari ini, BMW menjadi produsen kendaraan bermotor terbesar ke-12 di dunia dengan 2.279.503 kendaraan yang diproduksi.

 

Sumber: Tribun

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *