Meskipun Menang Praperadilan, Setya Novanto Masih Dilarang ke Luar Negeri

q

 

 

Beberapa waktu lalu, setelah Setya Novanto ditetapkan sebagai tersangka, KPK langsung meminta pihak Ditjen Imigrasi mencegah Setya Novanto untuk bepergian ke luar negeri. Lantas, dengan hilangnya status tersangka Setya Novanto, apakah dia kini sudah tidak dicegah lagi?

Kepala Humas Ditjen Imigrasi Agung Sampurno mengatakan bahwa sampai saat ini, pihak KPK belum mencabut status cegah Setya Novanto.

“Belum. Yang berhak mencabut status cegah hanya pihak yang meminta. Pihak imigrasi hanya menjalankan perintah dari pihak yang meminta tersebut,” kata Agung pada saat dihubungi, Senin 2 Oktober 2017.

Dia menambahkan, hal tersebut seperti tertuang dalam UU keimigrasian. Setya Novanto pun tidak bisa menuntut status cegahnya agar dihapus oleh Ditjen Imigrasi.

“Ini yang perlu saya luruskan. Tidak bisa pihak tertentu menuntut imigrasi. Karena semua tergantung siapa yang meminta status cegah itu dikeluarkan,” bebernya.

Seperti diketahui, pada Jumat 29 September 2017 lalu, Hakim Cepi Iskandar telah memutus gugatan praperadilan Setya Novanto dikabulkan sebagian. Namun, dari pihak KPK sebenarnya bisa langsung melakukan tindakan dengan mengeluarkan surat perintah penyidikan (sprindik) baru untuk menetapkan Setya Novanto kembali menjadi tersangka.

Namun, hingga kini KPK masih mempelajari putusan yang dikeluarkan Cepi Iskandar.

 

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *