Beginilah Peluncuran Rudal Balistik Rusia di Tengah Kegelapan Malam

Berita Akurat Terpercaya, Berita Akurat – Peluncuran 4 rudal balistik yang digelar oleh Rusia berlangsung pada saat malam hari. Pada saat rudal-rudal Rusia diluncurkan satu per satu, api dari roket pendorong menyala terang di tengah kegelapan malam.

 

Kementerian Pertahanan dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP dan news.com.au, Jumat 27 Oktober 2017, menyatakan sebuah rudal balistik antarbenua “Topol” ditembakkan dari area uji coba Plesetsk menuju area uji coba lainnya di Kura, Kamchatka pada Kamis 26 Oktober 2017 malam waktu setempat. Plesetsk diketahui berjarak 800 kilometer dari ibu kota Moscow bagian utara.

Tiga rudal balistik lainnya diluncurkan dari 2 kapal selam bertenaga nuklir (SSBN) milik Rusia. Dua rudal ditembakkan dari Laut Okhotsk, sebelah utara Jepang, menuju ke area uji coba Chizha di kawasan Arkhangelsk. Satu rudal lagi ditembakkan dari Laut Barents di Samudera Arktik, menuju ke area uji coba rudal Kura.

Video peluncuran rudal yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan detik-detik peluncuran keempat rudal balistik Rusia itu. Peluncuran rudal ini disebut sebagai latihan militer terkait program nuklir strategis.

Bagian awal video menunjukkan kendaraan peluncur rudal mengambil posisi tegak lurus, bersiap melakukan peluncuran. Beberapa detik kemudian, rudal balistik berukuran raksasa yang terpasang pada peluncur itu bergerak ke atas, menyisakan nyala api menyilaukan pada bagian roket pendorong.

Rudal itu terus membubung ke udara, terus bergerak ke atas ke arah atmosfer Bumi, meninggalkan asap yang mengekor di tengah langit gelap. Beberapa saat kemudian, rudal sempat menghilang pada saat menembus awan, sebelum kembali terlihat dalam rute lengkung di udara.

Video kemudian beranjak ke beberapa pesawat militer milik Rusia. Kementerian Pertahanan Rusia menyebut pesawat Supersonik Tupolev-160, Tupolev-85MS dan pesawat pengebom strategis Tupolev-22MZ ikut serta dalam latihan ini. Satu per satu pesawat militer Rusia itu lepas landas dan mengudara di malam hari.

Adegan selanjutnya menunjukkan sebuah titik cahaya terang di tengah kegelapan, yang merupakan rudal balistik Rusia yang diluncurkan dari kapal selam bertenaga nuklir. Titik cahaya itu terus bergerak ke arah atas menembus langit gelap.

Dalam pernyataannya, Kementerian Pertahanan Rusia menyebut pesawat-pesawat militer Rusia meluncurkan rudal-rudal penjelajah ke target-target di Kamchatka, Rusia Timur, di wilayah Republik Komi, di Rusia bagian utara dan di kawasan militer Rusia di Kazakhstan.

“Semua tujuan pelatihan telah berhasil diselesaikan,” demikian disampaikan pihak Kementerian. Diklaim Kementerian Pertahanan Rusia bahwa semua rudal berhasil mengenai target.

 

 

Sumber: Detik

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *