Inilah 4 Sorotan Dunia di Acara Jokowi Mantu, Dari Adat Hingga Isu Keamanan

Berita Akurat Terpercaya, Berita Akurat – Senyum bahagia tergambar dari wajah Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution usai proses ijab kabul berlangsung di Gedung Graha Saba Buana, Solo Rabu, 8 November 2017.

 


Putri dari Presiden RI Joko Widodo tersebut resmi dipersunting oleh sang pujaan hati yang merupakan teman semasa kuliah.

Kahiyang Ayu tampak anggun dan cantik dengan menggunakan kebaya tradisional berwarna hitam bermotif emas. Corak warna yang sama pun juga dikenakan oleh mempelai pria.

Sebelum proses ijab kabul berlangsung, kedua pihak keluarga mempelai memberikan sambutan. Setelah itu, barulah prosesi akad nikah dilangsungkan.

Dalam akad nikah ini, Presiden Joko Widodo bertindak sebagai wali dari putri kandungnya. Untuk saksi pernikahan, dari pihak Kahiyang Ayu adalah Jusuf Kalla dan Maruf Amin. Sementera, saksi dari mempelai pria, yaitu Syafii Maarif dan Darmin Nasution.

Proses ijab kabul dipandu oleh Basir selaku Kepala KUA Banjarsari. Joko Widodo tampak duduk di samping pejabat KUA tersebut. Mahar pernikahan yang diserahkan Bobby berupa perlengkapan alat salat dan emas 80 gram.

Setelah Bobby Nasution berhasil mengucapkan ijab kabul dalam sekali tarikan nafas, keduanya langsung menandatangani buku nikah.

Pemberitaan seputar pernikahan anak perempuan dari Presiden RI ke-7 tersebut menjadi sorotan dunia. Media-media asing tersebut mengangkat berbagai sisi dari pernikahan yang sederhana namun penuh kebahagiaan itu.

 

1. Kaya Akan Unsur Tradisional

Salah satu media internasional yang menyoroti pernikahan Kahiyang Ayu dan dan Bobby Nasution adalah Straits Times. Media asal Singapura tersebut menyoroti pernikahan keduanya yang kaya akan unsur tradisional Jawa.

Berbagai prosesi dilangsungkan menjelang hingga hari pernikahan. Selasa pagi misalnya, keluarga dari kedua belah pihak mengadakan prosesi siraman untuk calon pengantin.

Sebuah bak air disiapkan sebelum prosesi siraman. Air yang digunakan pun diambil dari 7 sumber alam yang berbeda. Dalam adat Jawa, hal ini melambangkan berkah untuk kehidupan baru.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo memulai proses siraman air yang dipenuhi oleh kelopak bunga yang kemudian diikuti oleh anggota keluarga dan kerabat yang lain.

Sementara prosesi siraman berlangsung, ratusan warga Solo memenuhi sepanjang jalan tidak jauh dari kediaman presiden di Jalan Kutai Utara.

Warga sengaja menyediakan nasi tumpeng, sajian khas Jawa yang disajikan secara tradisional pada perayaan besar.

“Kami juga ingin merayakannya. Kami sangat bahagia,” ujar Sarwojo (62) penjual sayuran di Solo. Demikian dikutip dari Straits Times 8 November 2017.

“Kami berdoa semoga pernikahan berjalan lancar dan pasangan akan bersama hingga kakek dan nenek,” tambahnya.

Selain siraman, ada pula prosesi lain yang disebut Midodareni yaitu pihak keluarga dari mempelai pria mengantar mas kawin ke rumah pengantin wanita.

 

2. Isu Teroris

Polisi anti-teror Indonesia dilaporkan telah menahan seorang oknum tidak bertanggungjawab yang diduga telah merencanakan serangan teror pada resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo.

Juru Bicara Polda Metro Jaya, Raden Argo Yuwono mengatakan, tersangka adalah Rizky Anggara Putra berusia 25 tahun. Ia ditangkap menyusul penggerebekan rumah kontrakannya di kota Bekasi, Jawa Barat.

Demikian dilansir dari laman South China Morning Post lewat artikel bertajuk “Indonesia foils plot to attack wedding of President Widodo’s daughter”.

“Rizky yang tinggal bersama ibunya tersebut diduga simpatisan dari kelompok militan ISIS,” ujar Argo.

“Ia berencana untuk menjalankan serangan di upacara pernikahan putri Presiden Joko Widodo,” tambahnya.

Sementara itu, media lain yang menyoroti ancaman teror ini adalah Bangkok Post.

 

3. Tamu-Tamu Penting Hadir

Tidak bisa dipungkiri, pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution juga menjadi hari bahagia bagi masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan. Ramai warga lokal yang penasaran dengan penikahan putri presiden Indonesia tersebut.

Ada banyak tamu undangan yang hadir. Mulai dari tokoh politik, tokoh agama, publik figur serta diplomat dari negara-negara sahabat.

Lewat artikel berjudul, “Indonesian President Joko Widodo’s daughter marries with grand procession”, Channel News Asia menulis, di antara tamu undangan ada Mantan Presiden Indonesia seperti Megawati Soekarno Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Istri dari mendiang presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah juga turut hadir.

Media asal Negeri Singa itu pun juga menyebutkan ada banyak pejabat pemerintah lain yang hadir. Termasuk lebih dari 80 duta besar dan diplomat dari negara sahabat.

“Saya datang ke sini untuk mengucapkan selamat kepada kedua mempelai. Saya juga berharap agar kedua mempelai hidup bahagia,” ujar Agus Harimurti Yudhoyono, putra Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu, tamu kehormatan yang juga hadir adalah Ketua DPR Setya Novanto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kepala Partai Nasional Demokrat Surya Paloh, pengusaha Chairul Tandjung dan koki sekaligus selebritas Arnold Poernomo. Demikian dikutip dari laman Straits Times.

 

4. Air Mata Joko Widodo Jatuh

Presiden juga manusia. Sebagai orangtua, Joko Widodo juga merasakan kesedihan yang mendalam karena harus melepaskan putri yang selama ini ia besarkan ke tangan pria yang akan mendampingi hidup putrinya.

Dikutip dari laman AsiaOne, Pada Selasa kemarin, saat prosesi siraman berlangsung, Presiden Joko Widodo tampak tidak bisa menahan air matanya.

“Pak Joko Widodo begitu tenang saat melakukan prosesi siraman. Tetapi, ia tampak meneteskan air mata saat prosesi sungkeman berlangsung,” ujar Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo.

 

Sumber: Liputan6

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *