Presiden Korea Selatan: Saya Punya Kesamaan Dengan Jokowi, Mengutamakan Rakyat

oleh

Berita Akurat Terpercaya, Berita Akurat – Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In. Usai Pertemuan, Moon Jae In mengaku memiliki kesamaan sikap dengan Joko Widodo.

 

 

“Saya dan Presiden Joko Widodo mempunyai kesamaan yaitu mengutamakan rakyat dan pengembangan ekonomi bersifat toleran,” ungkapnya pada saat memberikan pernyataan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis 9 November 2017.

Berdasarkan kesamaan tersebut, kedua kepala negara memanfaatkan pertemuan ini untuk meningkatkan kerja sama di berbagai sektor. Pertama, memperkuat kerja sama strategis di bidang keamanan.

“Untuk kelancaran komunikasi strategis, kedua negara sepakat untuk membentuk pertemuan yang pemerintah luar negeri dan pertahanan ikut bersama,” ucapnya.

Kedua negara juga sepakat meningkatkan kerja sama di bidang industri pertahanan, termasuk kelancaran pembangunan bersama jet tempur generasi mendatang.

Selain itu, kedua negara juga akan memperkuat kerja sama ekonomi yang didasari pertumbuhan ekonomi toleran dan berorientasi pada rakyat. RI-Korea Selatan sepakat untuk meningkatkan jumlah perdagangan capai US$ 30 miliar‎ sampai tahun 2022.

“Jumlahnya dua kali lipat dari sekarang,” sebutnya.

Lebih lanjut, kedua negara berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama di bidang pembangunan infrastruktur. Pembangunan ini harus memberikan manfaat besar bagi rakyat.

“Seperti manajemen air, transportasi, listrik,” rincinya.

Moon Jae In mengatakan, dalam pertemuan mereka juga menyepakati kerja sama di bidang otomotif, pariwisata, industri konten, energi ramah lingkungan dan lingkungan hidup. Ke depannya akan didorong Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai basis penghasilan keluarga. Terobosan ini diyakini bisa menumbuhkan ekonomi toleran.

“Maka kedua negara akan mencari cara bersama untuk mendukung kegiatan UKM,” kata Moon Jae In.

Dia melanjutkan, kedua kepala negara juga sepakat memperluas pertukaran masyarakat untuk memperkokoh hubungan kedua negara. Untuk itu, sejumlah event digenjot untuk bisa mendukung program tersebut. Misalnya perhelatan Olimpiade Musim Dingin di Korea, dan Asean Games di Jakarta dan Palembang.

“Acara ini akan membuat kelancaran pertukaran masyarakat kedua negara dan suksesnya bersama kedua negara,” ujarnya.

Kesepakatan berikutnya yaitu mempererat kerja sama di tingkat regional dan global. Khusus di tingkat global, Moon Jae In meminta Joko Widodo turut mendukung kebijakannya yang diusulkan di lintas ASEAN.

“Sebagai penutup, untuk mewujudkan ‎niat kerja sama yang hari ini dibicarakan secara intensif, saya mengundang Presiden Joko Widodo tahun depan. Jadi pak Joko Widodo jawab baik dia akan datang ke Korea,” pungkasnya

 

Sumber: Merdeka.com

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *