Diktator Itu Menangis Ketika Memutuskan Untuk Mundur

oleh

Berita Akurat Terpercaya, Berita Akurat – Robert Mugabe tidak kuasa menahan air matanya ketika dia memutuskan untuk mundur, meletakkan tampuk pimpinan Zimbabwe yang telah dipegangnya erat selama 37 tahun. Rakyatlah yang membuatnya akhirnya mengalah.

 

 

Reuters pada Minggu, 26 November 2017 memberitakan dengan mengutip koran Zimbabwe, The Standard, yang mendapatkan informasi detik-detik Mugabe memutuskan mundur dari sumber istana di Harare.

Pada saat itu, kata sumber, Mugabe memegang rosario, menitikkan air mata dan mengatakan bahwa dia telah “dikhianati oleh letnannya”. Ini adalah puncak dari kudeta militer yang berlangsung 2 pekan, berakhir dengan diangkatnya Emmerson Mnagagwa sebagai presiden baru Zimbabwe.

Disebut kudeta sepertinya terlalu keras. Pasalnya, menurut Pendeta Fidelis Mukonori yang memediasi perundingan Mugabe dengan tentara, militer Zimbabwe memperlakukan pria 93 tahun itu dengan sangat hormat.

“Para jenderal memperlakukan dia dengan hormat selamat perundingan. Mereka bahkan memberi hormat, mereka tahu Mugabe ingin mundur dengan terhormat,” ujar Mukonori.

Tarik ulur sempat terjadi dalam perundingan tersebut. Sabtu lalu, Mugabe membuat kecewa Zimbabwe dengan menyatakan tidak akan mundur dalam sebuah siaran televisi.

Mukonori mengatakan, di usianya yang hampir seabad, pikiran Mugabe masih cemerlang. Pemimpin pertama Zimbabwe sejak tahun 1980 ini masih bisa berdebat hebat.

“Dia pendebat ulung, pemikir, berargumen dengan cerdas, dia bisa berfilsafat,” kata Mukonori lagi.

Akhirnya mereka memikirkan cara lain untuk membujuk Mugabe mundur. Salah satunya adalah membuka mata Mugabe bahwa negaranya tengah terpuruk secara ekonomi dan politik, rakyat menuntut perubahan.

Ketika puluhan ribu warga Zimbabwe turun ke jalan, berdemonstrasi meminta Mugabe mundur, Mukonori mengatakan, diktator itu menangis. Akhirnya pekan ini, dia menandatangani surat pengunduran diri yang dibacakan oleh ketua parlemen.

“Hal itu [aksi massa] menggugah dia. Menggugah dengan cara yang membuat dia sadar bahwa rakyat mengatakan sudah cukup,” ujar Mukonori.

Untuk menghiburnya, Mukonori berkali-kali menegaskan kepada Mugabe bahwa dia telah menyumbang banyak bagi Zimbabwe, sebagai pahlawan pembebasan dari penjajahan dan bapak bangsa.

Mugabe juga mendapatkan jaminan keamanan serta kekebalan hukum. Dia dan keluarganya tidak akan diusik oleh berbagai tuduhan kriminal

 

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *