Selain Memberantas Korupsi, Masalah Toilet Juga Prioritas di China

oleh

Berita Akurat Terpercaya, Berita Akurat – Xi Jinping dikenal galak dengan pelaku korupsi sejak diangkat menjadi Presiden China pada tahun 2012. Namun, prioritas Xi bukan hanya korupsi, tetapi juga pembenahan toilet di seantero negeri, dikenal dengan nama “Revolusi Toilet”.

 

 

Berbicara pada Senin 27 November 2017, Presiden Xi kembali menekankan pentingnya menyelesaikan revolusi toilet bagi peningkatan industri wisata dalam negeri. Memulai program ini pada tahun 2015, Xi Jinping mengatakan China kekurangan toilet yang beradab.

“Toilet bukan perkara kecil, ini adalah aspek penting dalam membangun kota dan perdesaan yang beradab,” kata Xi, diberitakan Reuters yang mengutip dari Xinhua.

Pernyataan Xi ini disampaikan menyusul rencana pembangunan dan pembaruan 64 ribu toilet antara 2018 dan 2020 oleh Badan Wisata Nasional China. Selama 3 tahun terakhir, China telah merenovasi lebih 68 ribu toilet, tapi ini baru 19% dari total keseluruhan misi pembenahan tempat buang hajat.

Sejak tahun 2015, untuk merenovasi toilet, China telah merogoh kocek lebih dari 1 miliar yuan atau sekitar Rp 2 triliun dari anggaran pemerintah pusat dan 20 miliar yuan atau Rp 40 triliun dari anggaran daerah.

Menurut Xinhua, revolusi toilet bukan hanya memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para wisatawan, tetapi juga menciptakan masyarakat yang lebih santun.

Sejak menjabat presiden 5 tahun lalu, Xi kerap mengunjungi rumah-rumah warga di perdesaan dan melihat apakah mereka telah membuat septic tank. Xi menekankan modernisasi masyarakat desa harus dimulai dengan pembenahan toilet, hal ini adalah bagian dari kesetaraan kesejahteraan di China.

“Kebutuhan saat ini tidak hanya lebih banyak kemajuan, tapi kemajuan yang setara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kehidupan yang baik,” kata Xi pada Oktober lalu.

 

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *