Inilah 5 Sungai Terpanjang di Benua Asia

oleh

Berita Akurat Terpercaya, Berita Akurat – Sungai adalah tempatnya air mengalir dari daerah tinggi ke daerah rendah di bumi.

 

 

Setiap belahan di bumi ini pasti memiliki sungai-sungai yang indah, sungai juga mempunyai fungsi sendiri bagi masyarakat setempat.

Misalnya sebagai jalur perahu atau kapal untuk pergi ke daerah lain. Salah satunya Benua Asia, maka dari itu, inilah sungai terpanjang yang ada di Benua Asia.

 

1. Sungai Yangtze, China

Sungai yang satu ini mempunyai panjang mencapai 63 ribu kilometer. Sungai ini dikenal juga sebagai sungai Yangzi, tetapi karena nama Yangtze yang pertama didengar oleh orang barat, jadinya nama Yangtze lah yag dipakai.

 

2. Sungai Huang Ho, China

Hwangho yang juga disenut sebagai sungai kuning ini adalah sungai utama di China Utara. Panjangnya yang mencapai 5.464 kilometer ini merupakan sungai kedua terpanjang di China.

 

3. Sungai Mekong, Vietnam

Kalau sungai yang satu ini, panjangnya sampai melewati 6 negara di benua Asia, yaitu Thailand, Kamboja, Laos, China, Myanmar, dan Vietnam. Panjangnya antara 4.350-4.909 kilometer.

Setiap negara mempunyai ama sendiri-sendiri buat sungai Mekong ini. Mekong adalah sebutan di negara Vietnam.

 

4. Sungai Gangga, India

Panjang sungai ini 2.506 kilometer, dan sungai ini juga disembah sebagai dewi. Sungai ini adalah sungai suci bagi yang beragama Hindu karena mengandung amrit, nektar keabadian.

 

5. Sungai Irawadi, Myanmar

Sungai Irawadi adalah sungai yang melintasi negara Myanmar. Selain itu, sungai ini adalah salah satu jalur perdagangan terpenting di Myanmar. Panjangnya mencapai 2.170 kilometer.

 

Sumber: Dagelan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *