Kru Cathay Pacific Saksikan Uji Coba Rudal Korea Utara Dari Pesawat

oleh

Berita Akurat Terpercaya, Berita Akurat – Kru pesawat Cathay Pacific dilaporkan sempat menyaksikan langsung momen uji coba rudal Korea Utara pada saat sedang terbang di langit Jepang pada pekan lalu.

 

 

Hal ini terungkap dalam pemberitaan South China Morning Post pada Senin 4 November 2017 yang memuat kesaksian salah satu manager Cathay Pacific, Mark Hoey.

Dalam berita tersebut, Hoey menurutkan bahwa semuanya bermula ketika pesawat dengan nomor penerbangan CX893 lepas landas dari San Fransisco menuju Hong Kong pada 29 November.

Ketika pesawat melintasi langit Jepang, para kru terhenyak melihat satu kejadian yang diduga momen ketika rudal Korea Utara masuk kembali ke atmosfer bumi sebelum meledak dan hancur.

“Perhatian, kita menyaksikan rudal Korea Utara meledak dan hancur di dekat lokasi kita sekarang ini,” ujar Hoey pada saat itu kepada seluruh awaknya.

Meskipun demikian, Cathay Pacific memutuskan untuk tidak mengubah haluan penerbangannya. Namun, mereka tetap melapor ke menara pengatur lalu lintas udara.

“Meskipun penerbangan kami jauh dari lokasi kejadian, kru memberi kabar ke pengatur lalu lintas udara Jepang sesuai dengan prosedur,” ujar Hoey, sebagaimana dikutip dari South China Morning Post.

Seorang mantan pilot yang kini menjadi anggota parlemen Hong Kong, Jeremy Tam Man-ho, mengatakan bahwa insiden ini menimbulkan kekhawatiran akan keselamatan penerbangan di sekitar kawasan Jepang dan Korea.

Jeremy mengatakan, badan-badan keamanan penerbangan sipil dan biro keamanan dari Hong Kong, Korea Selatan, Jepang, dan Rusia harus membentuk satu panel untuk menyusun mekanisme berbagi informasi intelijen terkait tanggapan militer jika insiden seperti ini terulang.

Kawasan ini memang menjadi sorotan setelah Korea Utara berulang kali mengancam akan meluncurkan rudal untuk menyerang Guam, wilayah Amerika Serikat di Pasifik, dengan jalur melalui Jepang.

Hingga kini, Korea Utara sudah tiga kali meluncurkan rudal yang melintasi wilayah Jepang sebelum jatuh dan hancur di samudera.

Awalnya, para ahli sempat meragukan kemampuan senjata Korea Utara tersebut. Namun, rudal yang digunakan Korea Utara dalam uji coba terakhir pada 9 November lalu itu diakui dapat menjangkau seluruh penjuru Amerika Serikat.

 

Sumber: CNN Indonesia

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *