Pengacara: Penetapan Tersangka Setya Novanto Pengulangan, Tidak Sah

oleh

Berita Akurat Terpercaya, Berita Akurat – Sidang gugatan praperadilan Setya Novanto jilid II akhirnya digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Persidangan sempat ditunda pada pekan lalu lantaran KPK tidak hadir.

 

 

Agenda persidangan kali ini adalah pembacaan permohonan dari pihak Setya Novanto yang diwakili oleh 4 pengacaranya. Terdapat beberapa poin gugatan yang disampaikan. Salah satu poin gugatan Setya Novanto adalah soal penetapan kembali Setya Novanto sebagai tersangka.

“Melanggar asas ne bis in idem, di mana penetapan tersangka a quo adalah suatu bentuk pengulangan terhadap penetapan tersangka yang pertama,” kata salah satu pengacara Setya Novanto pada saat membacakan gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis 7 Desember 2017.

Mereka beralasan bahwa Setya Novanto sudah pernah ditetapkan sebelumnya sebagai tersangka pada tanggal 17 Juli 2017. Namun kemudian, status tersangka itu dibatalkan oleh hakim praperadilan.

Atas dasar hal tersebut, maka penetapan kembali Setya Novanto pada tanggal 31 Oktober 2017 dinilai tidak sah.

“Tidak sah dan tidak berdasar hukum karena yang menjadi dasar penetapan tersebut adalah objeknya sama, subjeknya sama, prosesnya sama, dan barang-barang bukti sama, serta dengan sangkaan pasal-pasal tindak pidana yang sama pula,” kata pengacara.

 

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *