Aliran Dana ke Korea Utara Wajib Diawasi Ketat

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Dampak berbagai sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat atas program nuklir Korea Utara, hingga kini belum memberikan efek ‘jera’ secara penuh.

 

 

Pasalnya, negara rezim Kim Jong Un itu masih terus mengembangkan nuklir, yang bahkan diklaim mampu mencapai seluruh daratan Amerika Serikat.

Wakil Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Asia Pasifik, Patrick Murphy mengatakan, salah satu hal yang harus ditekan atas Korea Utara adalah aliran dana yang digunakan negara tersebut untuk mengembangkan nuklirnya.

Bahkan ada kebijakan dalam negeri Korea Utara yang mewajibkan warga negaranya yang bekerja di negara lain, untuk menghasilkan uang yang nantinya digunakan untuk mengembangkan nuklir negara tersebut.

“Saat ini ada tekanan yang diberikan kepada Korea Utara, yang kami ingin lihat adalah implementasi penuh atas resolusi Dewan Keamanan PBB. Jika tekanan ekonomi diberikan maksimal, maka ini bisa memotong jalur dana Korut,” kata Murphy di Jakarta, Senin, 11 Desember 2017.

Sementara itu beberapa waktu lalu diberitakan, berbagai sanksi unilateral yang dijatuhkan Amerika Serikat terhadap Korea Utara, termasuk sanksi lainnya, secara tidak langsung memengaruhi kehidupan masyarakat Korea Utara. Beredar informasi bahwa mereka mengalami kelaparan dan bantuan yang dibutuhkan pasca adanya sanksi internasional.

“Tujuan kami adalah denuklirisasi Semenanjung Korea. Kami ingin rezim Korea Utara mengerti prioritas mereka adalah melindungi warga negaranya, bukan untuk mengekspos wilayah tersebut menjadi sebuah potensi yang tidak aman. Sejauh ini, komunitas internasional telah bersatu dan menyuarakan hal yang sama terkait implementasi resolusi ini,” ujarnya.

 

Sumber: Viva.co.id

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *