Mengenal Jetsun Pema Wangchuck, Ratu Termuda di Dunia

oleh -308 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Bhutan adalah negara kecil berbentuk kerajaan yang dijuluki The Last Shangrila atau surga terakhir di dunia. Julukan itu disematkan karena keindahan alam dan penduduknya yang memegang teguh tradisi.

 

 

Namun, yang tidak kalah istimewa, negara yang berada di kaki Pegunungan Himalaya dan di antara Tiongkok-India ini memiliki ratu degan usia yang tergolong muda, yaitu Jetsun Pema Wangchuk.

Dengan usia berumur 27 tahun pada saat ini, Jetsun Pema pun menjadi ratu termuda di dunia. Ditambah latar belakang pendidikan yang tinggi, aktif di kegiatan sosial, serta memiliki kecantikan fisik yang bisa membuat siapa pun jatuh mengaguminya, Jetsun Pema adalah idola baru dunia.

Berikut ini dirangkum 5 fakta tentang Ratu Jetsun Pema dari berbagai sumber, Selasa 12 September 2017:

 

1. Latar Belakang

Jetsun Pema lahir di Thimpu, Bhutan, pada tanggal 4 Oktober 1990. Jetsun lahir dari pasangan terkenal di Bhutan, Dhondup Gyaltshen dan Aum Sonam Choki. Dia anak kedua dari lima bersaudara.

Jetsun dinobatkan menjadi Ratu Bhutan pada tanggal 13 Oktober 2011 pada saat usianya baru menginjak 21 tahun bertepatan dengan pernikahannya dengan Raja Bhutan, Jigme Khesar Namgyel Wangchuck. Mengutip dari South China Morning Post, Raja Jigme berusia 10 tahun lebih tua dari Jetsun Pema dan bertakhta sejak tahun 2008.

Pernikahan Jetsun dengan Jigme Kheser melahirkan buah hati yang menggemaskan. Anak laki-laki ini bernama Gyasey Jigme Namgyel yang lahir pada Februari 2016.

 

2. Pendidikan

Ratu Jetsum Pema adalah sarjana hubungan internasional dengan minor di psikologi dan sejarah seni dari Regent’s College di London. Dikutip dari Paskistan Today, ia juga menguasai berbagai macam bahasa, mulai dari Dzongkha, India, hingga Inggris. Sebelum kuliah di London, dia menempuh pendidikan dasar di India dan lulus SMA pada tahun 2008.

 

3. Hobi

Meskipun tampak cantik dan anggun, Ratu Jetsun juga menyukai olahraga. Salah satunya adalah basket, yang masih ia lakukan hingga hari ini. Dia juga sempat menjadi kapten tim basket waktu sekolah. Dikutip dari thefamouspeople, ia juga mempunyai hobi melukis, bermain band, dan berdansa.

 

4. Aktif di Kegiatan Sosial

Sebagai seorang ratu yang mencintai rakyatnya, Jetsun turut aktif pada berbagai kegiatan dan organisasi sosial dan lingkungan.

Dikutip dari Washington Post, selain merupakan pembela bagi masalah-masalah lingkungan, Jetsun juga bertindak sebagai patron (pembina) berbagai organisasi seperti Royal Society for Protection Nature, Ability Bhutan Society (organisasi untuk anak-anak berkebutuhan khusus), Bhutan Kidney Association dan Bhutan Kidney Foundation.

Jetsun juga ditunjuk menjadi Duta Ozone untuk Program Lingkungan PBB (UNEP). Pada tahun 2016, Jetsun ditunjuk sebagai presiden Bhutan Red Cross Society. Jetsun juga berperan aktif mendorong tumbuhnya kewirausahaan dan proyek-proyek ekonomi di negaranya.

 

5. Ikon Fashion

Huffington Post melansir, karena kegemarannya menggunakan pakaian tradisional dalam setiap kegiatan, Ratu Jetsun akhirnya menjadi ikon fashion yang populer. Dia sering menampilkan potret diri di Instagram @her_majesty_queen_of_bhutan, dengan pakaian cerah.

Tentunya dengna balutan kecantikan alami, gaya Ratu Jetsun menjadi idaman setiap wanita yang melihatnya.

 

Sumber: kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *