China Mengancam Taiwan Dengan Patroli Militer

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Angkatan Udara China melakukan patroli militer menyeluruh dekat Taiwan. Diplomat senior Tiongkok menyebut hal itu dilakukan sebagai bentuk ancaman kepada Taiwan.

 

 

Ancaman tersebut menyatakan China tidak akan segan melakukan invasi militer ke Taiwan jika sampai ada kapal perang Amerika Serikat yang berlabuh di sana. Hingga kini, Beijing masih menganggap Taiwan sebagai salah satu provinsinya yang sedang memberontak.

“Beberapa jet tempur, kapal intelijen, dan pengebom melakukan patroli rutin dan terencana di lautan itu,” sebut Juru Bicara AU China, Shen Jinke seperti dikutip dari Reuters, Selasa 12 Desember 2017.

“Patroli dilakukan untuk menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial kami,” sambung dia.

Shen mengatakan pesawat yang dikerahkan adalah bomber H-6k, Su-30, jet tempur J-11, dan sebuah kapal intelijen. Letak pesawat-pesawat tersebut tidak jauh dari Selat Miyako Jepang, Perairan Taiwan, dan lautan Filipina.

“Ini sebagai uji coba nyata kemampuan kami bertempur,” ucap dia.

Menteri Pertahanan Taiwan Feng Shin Kuan merespons tindakan China, sejumlah kapal perang dan jet tempur telah dikerahkan untuk memonitor aktivitas.

Setelah memonitor situasi, Taiwan memastikan tindakan China masih dalam ambang batas wajar. Masyarakat tidak perlu diperingatkan mengenai hal tersebut.

Pada tahun 2017, China rutin menggelar latihan militer dekat Taiwan. Latihan itu ditujukan untuk menekan Taiwan dan menunjukkan modernisasi alutsista Negeri Tirai Bambu.

China beberapa kali menyebut isu Taiwan adalah yang paling sensitif dan penting antara negaranya dan Amerika Serikat. Militer Taiwan merupakan salah satu yang mempunyai senjata mumpuni di seluruh dunia. Taiwan akhir-akhir ini menekan Washington untuk menjual senjata yang lebih canggih untuk menghadapi ancaman China.

 

Sumber: kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *