Amerika Serikat Perlihatkan Rudal Iran Yang Digunakan Houthi Untuk Tembak Arab Saudi

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Untuk pertama kalinya, Amerika Serikat memperlihatkan bukti-bukti gamblang keterlibatan Iran dalam konflik di Yaman.

 

 

Kepada media, Amerika Serikat menunjukkan pecahan rudal buatan Iran yang digunakan pemberontak Houthi untuk menyerang Arab Saudi.

Salah satu media yang diperlihatkan rudal tersebut adalah Reuters, pada Kamis 14 Desember 2017. Pecahan rudal-rudal itu diletakkan di pangkalan militer Anacostia-Bolling, tidak jauh dari Washington. Menurut Amerika Serikat, rudal itu digunakan Houthi untuk menembak Bandara Internasional King Khaled.

Diantaranya adalah rudal balistik “Qiam”, satu ditembakkan pada 4 November ke bandara, dan satu lagi pada 22 Juli. Iran berkali-kali membantah tudingan terlibat dalam konflik Yaman, tapi bukti-buktinya sudah terlalu jelas.

 

Pada baling-baling jet yang berfungsi mengendalikan mesin rudal dan papan sirkuit terhadap logo perusahaan pertahanan Iran. Selain itu, rudal itu memiliki katup yang hanya dibuat oleh Iran.

Menurut Kementerian Pertahanan Amerika Serikat, Iran mengirim rudal itu ke Yaman dengan cara dipecah beberapa bagian, dikapalkan ke wilayah kekuasaan Houthi. Di dalamnya terdapat alat las untuk menyatukan rudal tersebut.

Selain rudal Qiam, terdapat juga rudal anti-tank Toophan dari beberapa pesawat nirawak kecil. Iran juga memberikan drone kapal laut, digunakan untuk menabrak fregat Arab Saudi pada 30 Januari. Arab Saudi berhasil menyita drone-drone ini di Laut Merah pada akhir 2016.

 

Pengiriman senjata ke Yaman adalah pelanggaran resolusi Dewan Keamanan PBB soal nuklir Iran dan resolusi soal larangan mempersenjatai Houthi. Di bawah resolusi ini, Iran dilarang menyuplai, menjual, atau mengirim senjata ke luar negeri tanpa persetujuan DK PBB.

Pengungkapan ini akan menjadi dasar bagi Amerika Serikat kembali menerapkan sanksi dan embargo tambahan kepada Iran. Pengungkapan ini disambut baik oleh Arab Saudi yang mengatakan “intervensi Iran dan bantuan mereka terhadap militan teroris Houthi mengancam keamanan dan stabilitas kerajaan”.

 

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *