Giliran Vladimir Putin Mengucapkan Terima Kasih Kepada Donald Trump, Ada Apa?

oleh -215 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Presiden Vladimir Putin menelepon Donald Trump pada hari Minggu waktu setempat.

 

 

Orang nomor satu di Rusia itu mengucapkan terima kasih kepada Donald Trump atas informasi yang diberikan Central Intellingence Agent (CIA) yang mengarah pada penangkapan terhadap sejumlah individu sejak hari Jumat.

Mereka yang ditangkap diduga merencakan serangan teror di St. Petersburg. Menurut Kremlin, informasi yang dibagikan oleh CIA membantu melacak, mengidentifikasi, dan menahan kelompok teroris yang bersiap untuk memicu ledakan di Katedral Kazan di St. Petersburg dan juga tempat umum lainnya. Demikian seperti dilansir kantor berita Interfax yang dikutip dari Telegraph pada Senin 18 Desember 2017.

Vladimir Putin dilaporkan meminta Donald Trump menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Direktur CIA dan petugas intelijen yang pertama kali menerima informasi tersebut.

Dalam beberapa hari terakhir, otoritas di St. Petersburg telah menahan 5 orang sebagai bagian dari dugaan tindak terorisme, termasuk salah seorangnya Yevgeny Yefimov. Yang bersangkutan ditangkap pada hari Jumat dan dikabarkan telah mengaku bahwa dirinya memproduksi bahan peledak ilegal dan bermaksud meledakkannya di Katedral Kazan pada 17 Desember.

Adapun seorang rekan Yefimov ditahan pada hari Sabtu terkait plot serupa.

Tiga lainnya ditangkap pada hari Minggu sebagai bagian dari penyelidikan. Oleh media Rusia, ketiganya diidentifikasi sebagai Shamil Omargadzhiyev dari wilayah Dagestan, Alishkhan Esmurziyev dari Ingushetia, dan Firuz Kalavurov asal Tajikistan.

Sementara itu, The Federal Security Service (FSB) pada hari Jumat mengatakan bahwa pihaknya telah menangkap tujuh anggota sel ISIS. Menurut agensi tersebut, sel itu dikendalikan dari luar Rusia melalui aplikasi Telegram.

Pada awal tahun ini, tepatnya April lalu, seorang pengebom bunuh diri beraksi di metro St Petersburg. Bom lainnya yang belum meledak ditemukan di stasiun metro berbeda.

Serangan tersebut menyoroti ancaman terorisme yang terus meningkat di Negeri Beruang Merah mengingat laporan ada banyak militan ISIS asal Rusia mencoba untuk “pulang kampung”.

Vladimir Putin, menurut Kremlin, mengatakan pada Donald Trump bahwa dinas keamanan Rusia “tanpa diragukan dan ditunda” akan bersikap serupa dengan CIA, yaitu berbagi informasi mengenai ancaman teroris terhadap Amerika Serikat dan warganya.

Sebelum Vladimir Putin mengucapkan terima kasih kepada presiden ke-45 Amerika Serikat itu, Donald Trump telah lebih dulu melakukannya.

Seperti dikutip dari politico.com pada Jumat, 15 Desember 2017, Gedung Putih mengumumkan bahwa via telepon Donald Trump telah menyatakan terima kasihnya pada Vladimir Putin karena telah mengakui kinerja ekonomi Negeri Paman Sam.

Pujian atas perekonomian Amerika Serikat itu disampaikan oleh Vladimir Putin dalam konferensi pers tahunannya.

“Donald Trump dan Vladimir Putin bicara sekitar 10 menit dan penasihat keamanan nasional H.R. McMaster tidak berpartisipasi dalam momen tersebut,” kata seorang pejabat Gedung Putih.

Panggilan terbaru antara keduanya tersebut dinilai menunjukkan bukti bahwa Donald Trump akan terus menjalin kerja sama dengan Vladimir Putin, terlepas dari hambatan politik yang ada.

Penyelidikan khusus yang dipimpin Robert Mueller yang menginvestigasi dugaan campur tangan Rusia dalam Pilpres Amerika Serikat 2016 telah memberikan kesan negatif terhadap hubungan Washington-Moskow.

Donald Trump, bagaimana pun, terus melihat Vladimir Putin sebagai sekutu potensial, terutama ketika berhadapan dengan Korea Utara.

Dalam konferensi persnya pada hari Kamis, Vladimir Putin menolak pembicaraan mengenai dugaan campur tangan Rusia dalam Pilpres Amerika Serikat 2016. Ia menyebut isu tersebut “sengaja diciptakan”.

 

Sumber: Liputan6

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *