Cuma Mangkuk Berukuran 13 Cm, Tetapi Laku Dijual Senilai Rp 510 Miliar

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Mangkuk berusia 1.000 tahun dari Dinasti Song Tiongkok terjual dalam sebuah pelelangan seharga US$ 37,7 juta atau sekitar Rp 510 miliar pada awal Oktober lalu.

 

 

Mangkuk yang terbuat dari Dinasti Song yang berlangsung pada tahun 960-1127 itu memecahkan rekor sebelumnya. Di tahun 2014, cangkir wine Dinasti Ming terjual US$ 36,05 juta.

Lelang berawal di angka US$ 10,2 juta. Lelang hanya bertahan 20 menit sebelum pemenang melakukan telepon dan melakukan penawaran.

Mangkuk ini adalah contoh porselen Tiongkok yang langka dari istana kekaisaran Dinasti Song Utara. Memiliki diameter 13 cm, mangkuk ini memiliki lapisan biru yang bercahaya.

Desain mangkuk ini dikenal dengan Ru Guanyao. Tampilannya mulus karena ditarik dari api klin dan dengan seni gerabah yang berbeda.

Lapisan es membuat mangkuk ini agak retak pada saat proses pendingin. Porselen Ru ini dikenal karena kemampuan glasir yang retak untuk memantulkan cahaya.

Sejak tahun 1940, hanya ada 6 keramik Ru yang dihadirkan di pelelangan, dan mangkuk yang terjual Rp 510 miliar itu menjadi potongan terakhir. Porselen lainnya terjual pada tahun 2012 seharga US$ 27 juta atau sekitar Rp 360 miliar.

 

Sumber: IDN Times

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *