Korea Utara Tidak Rayakan Ulang Tahun Kim Jong Un, Inilah Alasannya

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Bertambah satu tahun usia Pemimin Korea Utara Kim Jong Un, Senin 8 Januari 2018, menjadi 34 tahun. Namun, kali ini tidak ada perayaan khusus di Korea Utara atas itu.

 

 

Ulang tahun Kim rupanya ditiadakan di kalender resmi 2018 Korea Utara dan tidak ada libur nasional ditetapkan di tanggal tersebut seperti biasanya.

Padahal, Korea Utara kerap kali merayakan secara khusus ulang tahun Kim dengan gelaran pesta kembang api dan festival meriah.

Tidak hanya Kim, pemimpin-pemimpin Korea Utara terdahulu pun dirayakan khusus tanggal kelahirannya oleh warga.

Seperti hari lahir Kim Jong Il pada 16 Februari yang ditandai sebagai ‘Hari Bintang Bersinar’, atau hari lahir Kim Il Sung pada 15 April yang ditandai sebagai ‘Hari Matahari’.

Lalu, mengapa ulang tahun Kim kali ini layaknya diabaikan?

Menurut seorang sumber di Korea Utara, bisa jadi hal itu disebabkan oleh dukungan untuk Kim dan popularitasnya yang kian menurun di mata publik Korea Utara.

Terutama sejak rezim setempat dihadapkan dengan sanksi-sanksi baru akibat uji nuklir yang menuai kritik komunitas internasional.

“Sanksi-sanksi dari komunitas internasional, terutama yang diberlakukan setelah uji nuklir keenam pada September, telah menyebabkan pukulan besar,” jelas sumber tersebut.

“Terlebih bagi para buruh yang kehilangan pekerjaannya akibat perlambatan ekspor batu bara (akibat sanksi),” lanjutnya.

Sumber itu mengatakan, kesuksesan propaganda perkembangan nuklir dan rudal Korea Utara tidak sejalan dengan perekonomian dalam negara.

“Dengan semakin banyaknya buruh yang kehilangan pekerjaan dan kesulitan mencari makan tahun ini, makin banyak warga yang mencemooh Kim Jong Un jika hari ulang tahunnya dijadikan libur nasional,” tambah sumber tersebut lagi.

 

Sumber: TribunNews

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *