Selama 3 Tahun Menjabat, Susi Sudah Tenggelamkan 363 Kapal

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti telah menenggelamkan 363 kapal pencuri ikan selama 3 tahun menjabat. Penenggelaman ini sebelumnya telah melalui proses di pengadilan.

 

 

“Penenggelaman kapal itu adalah sebuah tugas negara.” ujarnya dalam keterangannya resmi yang diunggah di akun YouTube KKP News, Selasa 9 Januari 2018.

Menurut Susi, penenggelaman kapal merupakan amanat Undang-Undang Perikanan Nomor 45 Tahun 2009. Maka, penghentian kebijakan itu pun harus dilakukan dengan mengubah Undang-Undang.

“Kalau ada yang keberatan atau ada yang merasa tidak pantas penenggelaman kapal dilakukan kepada pencuri ikan, tentunya harus membuat usulan kepada Presiden untuk memerintahkan menteri mengubah UU Perikanan menjadi tidak ada (pasal penenggelamannya),” kata Susi.

Setelah mendapat perintah Presiden, menurut Susi, baru Menteri akan mengajukan usulan ke Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk memulai rancangan Undang-Undang yang baru.

Susi juga menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo mempunyai visi maritim untuk mengamankan sumber daya laut Indonesia, yaitu sektor perikanan, sehingga hasil laut bisa membuat masyarakat makmur, terutama nelayan.

Menurutnya, eksekusi penenggelaman kapal diputuskan untuk dipublikasikan lewat media atas persetujuan presiden. Tujuannya untuk menimbulkan efek jera kepada pelaku pencurian ikan ilegal.

“UU kita sangat untuk menyelesaikan illegal fishing yang masif,” kata Susi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta Susi menghentikan penenggelaman kapal.

“(Menteri Susi) Sudah diberitahu, tidak ada penenggelaman kapal lagi,” kata Luhut di kantornya, Senin 8 Januari 2018 lalu.

Tidak hanya itu, Luhut juga meminta Susi berhenti melarang penggunaan cantrang.

“Saya bilang, jangan ada lagi kebijakan-kebijakan yang membuat nelayan tidak nyaman,” ujarnya.

 

Sumber: KataData

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *