Meksiko Menolak Biayai Tembok Perbatasan Donald Trump

oleh -256 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Meksiko menegaskan bahwa negaranya tidak akan membiayai tembok perbatasan dengan Amerika Serikat. Gagasan tembok perbatasan tersebut diusung oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

 

Pernyataan itu disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Meksiko, menanggapi celoteh Donald Trump lewat akun Twitter resmi yang menyebut Meksiko sebagai negara paling berbahaya di dunia.

“Meskipun Meksiko memiliki masalah kekerasan yang signifikan, salah bila menyatakan Meksiko adalah negara paling berbahaya di dunia,” kata Kementerian Luar Negeri Meksiko dalam sebuah pernyataan, Kamis 18 Januari 2018.

Pernyataan tersebut mengakui pertumpahan darah meningkat di Meksiko. Pembunuhan meningkat pada 2017 ketimbang sebelumnya. Namun, ditegaskan pula bahwa angka pembunuhan juga meningkat di negara-negara Amerika Selatan lainnya seperti Venezuela dan El Salvador.

Pemerintah Meksiko meyakini faktor-faktor pendorong kekerasan di negaranya antara lain adalah senjata-senjata dari Amerika Serikat serta permintaan obat-obatan terlarang dari Amerika Serikat.

“Kami menegaskan bahwa ini adalah masalah bersama yang hanya berakhir jika akar permasalahan diatasi,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Meksiko.

“Hanya berdasarkan prinsip berbagi tanggung jawab, kerja tim dan saling percaya, kita bisa mengatasi tantangan ini.”

Pernyataan itu juga menegaskan bahwa Meksiko tidak akan mebiayai pembangunan tembok di sepanjang perbatasan dengan Amerika Serikat di sebelah selatan.

“Seperti yang selalu ditegaskan Pemerintah Meksiko, negara kami tidak akan membiayai, dalam kondisi apapun dan dengan cara apapun, sebuah tembok atau pembatas fisik di sepanjang perbatasan dengan Meksiko,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Meksiko.

Isu tembok perbatasan, menurut pernyataan tersebut, adalah “prinsip kedaulatan dan martabat nasional.”

Pernyataan itu diakhiri dengan penegasan Meksiko bahwa hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat, termasuk negosiasi Pakta Perdagangan Bebas Amerika Serikat (NAFTA) harus dilakukan melalui saluran tradisional.

“Meksiko tidak akan menegosiasikan NAFTA, atau aspek lain dari hubungan bilateral melalui jejaring sosial atau media,” demikian ditegaskan Kementerian Luar Negeri Meksiko.

 

Sumber: CNN Indonesia

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *