Mark Zuckerberg Menjual Saham Facebook Senilai Rp 6,5 Triliun

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – CEO Facebook Inc, Mark Zuckerberg menjual hampir US$ 500 juta saham perusahaannya pada Februari lalu, untuk mendanai kepentingan amal di Chan Zuckerberg Initiative (CZI).

 

 

CZI merupakan yayasan filantropi yang bergerak dalam proyek kemanusiaan seperti masalah kesehatan, pendidikan, akses internet, dan kesetaraan hidup manusia.

Mark Zuckerberg dilaporkan menjual 685.000 lembar sahamnya senilai US$ 125,4 juta dalam 3 hari terakhir di bulan Februari. Total penjualan pada periode tersebut mencapai 2,7 juta lembar saham senilai US$ 482,2 juta atau sekitar Rp 6,5 triliun.

Aksi Mark Zuckerberg ini bukanlah hal yang mengejutkan, karena memang merupakan bagian dari rencananya untuk mempercepat penjualan saham. Lalu, menggunakan dananya untuk yayasan yang didirikannya pada Desember 2015 dengan istrinya, Priscilla Chan tersebut.

“Penjualan ini adalah langkah berkelanjutan dari Mark sejak September 2017 untuk mendanai karya CZI dalam bidang sains, pendidikan, dan isu-isu yang berkaitan dengan kesetaraan dan kesempatan. Berbagai kegiatan CZI akan menggunakan dana tersebut selama beberapa tahun ke depan,” ujar juru bicara CZI, seperti dikutip dari Reuters, Jumat 2 Maret 2018.

Pada September lalu, Mark Zuckerberg memang mengatakan bahwa akan menjual 35 juta hingga 75 juta saham Facebook dalam kurun waktu 18 bulan ke depan. Jika dihitung berdasarkan harga saham Facebook pada saat ini, maka total penjualan saham tersebut akan mencapai US$ 13 miliar.

Miliarder Silicon Valley ini, akan menyumbangkan 99% saham Facebook-nya ke CZI sekitar US$ 45 miliar. Ia telah menjual sekitar US$ 1,6 miliar saham perusahaan pada tahun 2016 dan 2017.

Yayasan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini mirip dengan yang dibuat oleh pendiri Microsoft Corp, Bill Gates dan istrinya Melinda Gates, serta Yayasan Buffett, yang didirikan oleh miliarder Warren Buffet.

Sumber: kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *