Bill Gates Tidak Lagi Menjadi Orang Terkaya di Dunia, Apa Penyebabnya?

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Untuk pertama kalinya sejak 5 tahun terakhir, Bill Gates tergeser dari posisinya sebagai orang terkaya di dunia.

Baru-baru ini, lembaga riset kekayaan global asal China, Hurun Research Institute merilis daftar peringkat 2.694 miliarder dari 68 negara di dunia dan nama Bill Gates tidak berada di urutan pertama.

 

 

Dilansir dari laman khaleejtimes.com, Minggu 4 Maret 2018, hasil riset bertajuk Hurun Global Rich List 2018 tersebut mencatat Jeff Bezos sebagai miliarder terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai US$ 123 miliar.

Tahun ini, Bezos berhasil menambahkan total US$ 51 miliar ke dalam jumlah kekayaannya. Sementara itu, salah satu miliarder tertua Warren Buffet tercatat berada di posisi kedua dengan peningkatan kekayaan sebesar 31% dari tahun sebelumnya.

Tidak lagi berada di posisi pertama, Bill Gates ternyata berada di urutan ketiga daftar orang terkaya dunia versi Hurun. Bezos berhasil menembus urutan pertama orang terkaya dunia setelah saham Amazon meningkat tajam sebesar 70% dibanding tahun lalu.

Sementara itu, Warren Buffet yang berada di posisi kedua setelah ttoal harta kekayaannya melebihi nilai US$ 100 miliar. Bill Gates sendiri turun ke posisi ketiga setelah mendonasikan saham Microsoft senilai US$ 4,6 miliar ke yayasan miliknya.

Meskipun begitu, harta kekayaan Bill Gates tercatat meningkat sebesar 11% menjadi US$ 90 miliar.

“Untuk pertama kalinya dalam lima tahun, Bill Gates bukan lagi orang terkaya di planet ini,” tulis keterangan Hurun Report.

Laporan yang baru dirilis ini menyebutkan, total kekayaan seluruh orang terkaya dunia mencapai jumlah yang fantastis senilai US$ 10,5 triliun. Itu setara dengan 13,2% dari produk domestik bruto (PDB) global.

“Tidak pernah ada kekayaan sebanyak ini yang dimiliki hanya segelintir orang di dunia. Pencapaian yang luar biasa dari para miliarder, sebanyak 1508 orang meningkatkan kekayaannya dan terdapat 567 wajah baru dalam daftar ini,” tutur pimpinan penelitian Hurun Report, Rupert Hoogewerf.

 

China Melampaui AS

Pada tahun ini, jumlah miliarder dari China juga berhasil melampaui total yang dimiliki Amerika Serikat, yaitu 819 banding 571 orang. Dua tahun lalu, selisih kedua negara tersebut sangat tipis dan terus saling susul.

“Para miliarder di China sedang mengalami periode kewirausahaan yang luar biasa. Negara tersebut berhasil menambah 210 orang miliarder hanya dalam waktu setahun,”  terang Hoogewerf.

Sementara itu, India terlihat semakin berkembang setelah berhasil menambah 31 miliarder di negaranya. Pada saat ini, India menjadi negara ketiga dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia.

Sekedar informasi, Hurun Research Report mengurutkan total kekayaan 2.694 miliarder dari 2.157 perusahaan di 68 negara.

 

Sumber: Liputan6

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *