Donald Trump dan Kim Jong Un Akan Bertemu Pada Bulan Mei

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengambil langkah bersejarah. Orang nomor satu di Negeri Paman Sam tersebut setuju untuk bertemu dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

 

 

Donald Trump dan Kim Jong Un, belum pernah bertemu sebelumnya. Hubungan mereka dingin dan diwarnai saling ancam dan ejek. Hubungan tidak baik dua pemimpin ini dipicu oleh uji coba nuklir yang berulang kali dilakukan Korea Utara.

Keterangan mengenai rencana pertemuan historis tersebut disampaikan Penasihat Keamanan Korea Selatan, Chung Eul Yong, di depan Gedung Putih. Eul Yong bertemu dengan Donald Trump setelah sebelumnya melakukan pertemuan dengan Kim Jong Un di Pyongyang.

“Pertemuan akan dilaksanakan pada akhir Mei,” sebut Eul Yong, seperti dikutip dari AFP, Jumat 9 Maret 2018.

Pernyataan Eul Yong dikonfirmasi oleh Donald Trump melalui Twitter pribadinya. Menurut Donald Trump, pertemuan itu dia lakukan setelah melihat kunjungan Eul Yong ke Pyongyang membuahkan hasil.

“Pertemuan sudah direncanakan,” sebut Donald Trump.

“Kim Jong-un sudah berbicara mengenai denukliralisasi bersama perwakilan Korea Selatan, tidak cuma pembekuan, tidak akan ada uji coba rudal dalam waktu dekat ini,” tambah dia.

Baca Juga: Cara Jitu Mendapatkan Penghasilan Tambahan Hingga Rp 20 Juta

Donald Trump sendiri menyambut baik keberhasilan Korea Selatan untuk bernegosiasi dengan Kim Jong Un terkait upaya pelucutan senjata nuklir. Meskipun demikian, Donald Trump memastikan sanksi terhadap Korea Utara belum akan dicabut.

“Sudah ada kemajuan besar, tetapi sanksi akan tetap berlaku sampai ada kesepakatan yang dicapai,” jelas Donald Trump.

Amerika Serikat dan Korea Utara terlibat dalam perseteruan besar sejak era Perang Dingin dimulai pada 1950-an. Mereka kerap berbeda pandangan dalam sejumlah isu dunia.

Dua dekade terakhir, hubungan Amerika Serikat-Korea Utara berada dalam titik nadir. Washington dan Pyongyang diujung perang nuklir.

Korea Utara berulang kali mengancam siap menembakkan nuklir ke Amerika Serikat. Tidak mau kalah, Amerika Serikat telah menempatkan 30 ribu tentaranya di perbatasan dua Korea, untuk mengantisipasi pertikaian.

 

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *