Thailand dan Malaysia Berencana Membangun Tembok Perbatasan

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Pemerintah Thailand dan Malaysia dilaporkan telah menyepakati sebuah rencana pembangunan tembok perbatasan di Provinsi Songkhla.

 

Kesepakatan tersebut merupakan bentuk kerjasama dalam meningkatkan operasi keamanan, sekaligus memerangi kejahatan trans nasional yang marah melintasi kedua negara, demikian dilansir dari The Strait Times, pada Jumat 16 Maret 2018.

Nota kesepakatan terkait diteken pada pertemuan Komisi Perbatasan Thai-Malaysia yang ke-54 di Bangkok pada Kamis, 15 Maret 2018.

Dalam pertemuan itu, pimpinan Departemen Pertahanan Kerajaan Thailand, Prawit Wongsuwon, berbicara hampir seharian penuh dengan delegasi Malaysia yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Hishammuddin Tun Hussein.

Menteri Wongsuwon mengatakan, pihaknya akan membangun tembok perbatasan sepanjang 11 kilometer di kota Dan Nok dan kota Dan Sadao di bagian paling selatan provinsi Songkhla.

Menurut laporan surat kabar Bangkok Post, tembok perbatasan itu diharapkan dapat menekan lalu lintas peredaran narkoba, senjata ilegal, penyelundupan bahan bakar, dan perdagangan manusia di antara kedua negara.

Adapun sejauh ini, Thailand dan Malaysia berbagi perbatasan sepanjang 640 kilometer yang didominasi oleh batas daratan.

 

Turut Membahas Isu Kewarganegaraan Ganda

Dalam pertemuan terakhir dengan Malaysia, Menteri Wongsuwon turut mengangkat isu kewarganegaraan ganda pada warga di kedua negara.

Dia mengatakan pihak berwenang masih harus mencari tahu berapa banyak orang yang memiliki kewarganegaraan ganda.

Hal itu diperlukan untuk meningkatkan keamanan dan pengawasan di kawasan selatan Thailand yang bergolak.

Kewarganegaraan ganda sering dianggap sebagai celah hukum, yang memungkinkan para oknum melakukan serangan di Selatan.

Menteri Wongsuwon juga mengatakan Thailand siap sedia meningkatkan kerja sama dalam berbagi informasi dengan Malaysia, termasuk untuk mengatasi ancaman teroris di wilayah perbatasan terkait.

 

Sumber: Liputan6

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *