PM Jepang Shinzo Abe Meminta Maaf Karena Tersandung Skandal

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meminta maaf atas dugaan skandal kronisme yang menjerat dirinya, Minggu 25 Maret 2018. Skandal tersebut membuat dukungan dan kepercayaan terhadap pemerintahannya terjun bebas.

 

 

Dilansir dari Reuters, Abe menghadapi krisis politik terparah sejak menduduki jabatannya pada Desember 2012. Krisis ini lantaran kecurigaan atas skandal penjualan tanah milik negara dengan diskon besar kepada sekolah nasionalis yang memiliki hubungan baik dengan istrinya.

“Masalah ini telah mengguncang kepercayaan masyarakat kepada pemerintahan,” kata Abe kepada konvensi tahunan Partai Demokrasi Liberal.

“Sebagai kepala pemerintahan, saya merasa bertanggung jawab dan sangat ingin meminta maaf kepada rakyat.”

Dia menjanjikan klarifikasi fakta dan pencegahan terulangnya hal serupa, tanpa memberikan niat pengunduran diri. Sementara, para pengujuk rasa di depan lokasi konvensi di Tokyo, mereka menuntut Abe untuk turun jabatan.

Shinzo Abe membantah ada campur tangan dia maupun istrinya dalam penjualan atau berusaha mengubah dokumen yang terkait dengan kesepakatan itu.

Sekutu dekatnya, Menteri Keuangan Taro Aso, juga membantah terlibat dalam perubahan yang dilakukan oleh pejabat kementerian.

Jajak pendapat publik akhir pekan lalu menunjukkan dukungan untuk menurunkan kabinet pemerintahan Abe dengan mayoritas mengatakan “ia bertanggung jawab terhadap skandal tersebut.”

Kemerosotan dukungan ini menenggelamkan harapan Abe untuk memenangkan masa jabatan periode ketiga sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) dalam pemilihan umum partai pada bulan September mendatang. Padahal, kemenangan di partai bisa membuka jalan mulus untuk membawanya menjadi perdana menteri dengan jabatan terlama Jepang.

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *