Kepolisian Malaysia Tangkap Tujuh Orang Terduga ISIS

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Pihak Kepolisian Malaysia telah menangkap tujuh orang pria yang merupakan anggota jaringan dari kelompok militan ISIS.

Menurut penjelasan dari pihak berwenang setempat seperti dilaporkan oleh Reuters, kelompok militan tersebut tengah merencanakan serangan ke sejumlah target yang ada di wilayah Malaysia.

 

 

Sebagai salah satu upaya pihak keamanan Malaysia dalam menanggulangi masalah teroris, mereka telah meningkatkan kewaspadaan dan juga kesiagaan sejak beberapa waktu yang lalu.

 

Ketujuh Orang Ditangkap di Dua Lokasi Berbeda

Menurut penjelasan yang disampaikan oleh otoritas berwenang Malaysia, ketujuh orang itu ditangkap di dua lokasi yang berbeda dalam sebuah operasi khusus yang digelar dalam rentang waktu antara 27 Februari dan 15 Maret 2018 yang lalu.

Enam orang warga Malaysia ditangkap di Negara bagian Johor. Sementara itu, satu orang lainnya adalah warga Negara Filipina yang merupakan bagian dari angggota kelompok Abu Sayyaf ditangkap di Negara bagian Sabah, demikian penjelasan dari Inspektur Jendal Polisi Mohamad Fauzi Harun dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari laman berita Reuters.

 

Salah Satu Tersangka Yang Ditangkap adalah Seorang Teknisi

Di antara enam orang yang ditangkap di Negara bagian Johor itu adalah seorang teknisi berusia 37 tahun. Ia diyakini telah menjadi perekrut orang-orang militan di beberapa wilayah Malaysia.

Sementara itu, tersangka lainnya adalah seorang penjaga keamanan. Ia memiliki peran sebagai penasihat kelompok dan juga memastikan bahwa kegiatan-kegiatan mereka akan tetap rahasia.

“Mereka semua tengah berencana untuk kabur ke luar Negeri dan juga mencari tempat perlindungan setelah mereka berhasil melancarkan rencana-rencana teror mereka,” kata Mohamad Fauzi Harun seperti dikutip dari Reuters.

Satu orang warga Filipina yang ditangkap di Negara Bagian Sabah diyakini sebagai salah satu orang kepercayaan dari Abu Sayyaf.

Warga Filipina yang ditangkap di wilayah Sabah itu telah menjadi buronan pihak berwenang Filipina atas keterlibatannya dalam sindikat penculikan dengan tebusan.

 

Antisipasi Tindakan Terror, Malaysia Tangkap Ratusan Orang Dalam Beberapa Tahun Terakhir

Paska serangan granat di Kuala Lumpur pada Juni tahun 2016 yang lalu, Malaysia semakin meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap berbagai ancaman tindakan teror.

Pihak otoritas Malaysia telah menangkap ratusan orang dalam kurun beberapa tahun terakhir. Penangkapan sejumlah orang dalam operasi khsusus itu atas dugaan keterlibatan mereka dengan kelompok-kelompok militan.

 

Sumber: IDN Times

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *