Inilah Fakta Mengejutkan Kim Jong Un ke Korea Selatan

oleh -229 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Presiden Korea Selatan Moon Jae In dan Pimpinan Korea Utara Kim Jong Un akhirnya bertemu dalam sebuah pertemuan bersejarah.

Sejumlah fakta mengejutkan terjadi dalam pertemuan yang berlansung di garis demarkasi militer yang berada di sisi selatan desa gencatan senjata Panmunjom.

 

Pembicaraan digelar setelah keduanya berjabatan tangan di atas Garis Demarkasi Militer yang membagi kedua negara. Seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat 27 April 2018, Kim Jong Un menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang menginjakkan kaki di Korea Selatan sejak Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata pada 65 tahun silam.

“Sejarah baru dimulai sekarang, di titik awal sejarah dan era perdamaian,” demikian pesan yang ditulis Kim Jong Un di buku tamu di Peace House.

Berikut ini beberapa fakta mengejutkan tentang pertemuan Kim Jong Un dan Moon Jae In di Korea Selatan.

 

1. Kim Jong Un Pemimpin Korea Utara Pertama yang Menginjakkan Kaki di Korea Selatan

Kim Jong Un menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang menginjakkan kaki di wilayah Korea Selatan sejak Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata pada 65 tahun silam.

Ini merupakan pertemuan level tertinggi sejauh ini dalam lingkaran diplomasi mengenai nuklir Korea Utara, dan dimaksudkan untuk membuka jalan bagi pertemuan antara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Kantor berita resmi Korea Utara, KCNA melaporkan bahwa Kim Jong Un “akan membahas secara terbuka semua isu yang muncul dalam memperbaiki hubungan antar-Korea dan mencapai perdamaian, kemakmuran dan reunifikasi semenanjung Korea”.

 

2. Kim Jong Un Membawa Toilet Pribadi ke Korea Selatan

Kim Jong Un ternyata membawa toilet pribadi dalam kunjungannya ke Korea Selatan. Toilet pribadi itu mengikuti Kim Jong Un ke manapun ia berpergian.

Dikutip dari The Washington Post, Jumat 27 April 2018, ada semacam perlakuan khusus untuk Kim Jong Un selama berada di Korea Selatan. Salah satunya ialah toilet pribadi yang mengikuti Kim Jong Un ke manapun dia berkunjung di Korea Selatan.

“Daripada menggunakan toilet umum, pemimpin Korea Utara punya toilet pribadi yang mengikutinya ke manapun dia bepergian,” ujar Lee Yun-Keol yang bekerja di unit Komando Pengawalan Korea Utara sebelum pindah ke Korea Selatan pada 2005.

“Ekskresi pemimpin itu mengandung informasi tentang kesehatannya. Jadi, itu tidak bisa ditinggalkan,” imbuh Lee.

 

3. Bertemu Presiden Korea Selatan, Kim Jong Un Ditemani Saudara Perempuannya, Kim Yo Jong

Kedatangan Kim Jong Un ke Korea Selatan disertai oleh saudara perempuannya sekaligus penasihat dekatnya, Kim Yo Jong dan kepala hubungan antar-Korea untuk Korea Utara. Sedangkan Moon Jae In disertai oleh kepala intelijennya dan kepala stafnya.

Ini merupakan pertemuan level tertinggi sejauh ini dalam lingkaran diplomasi mengenai nuklir Korea Utara, dan dimaksudkan untuk membuka jalan bagi pertemuan antara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

 

4. Bodyguard Ikut Berlari Mengawal Mobil Kim Jong Un yang Tiba di Lokasi Pertemuan

Kim Jong Un mendapat pengawalan ketat saat tiba di lokasi pertemuan dengan Moon Jae In. Bodyguard Kim Jong Un bahkan ikut berlari mengawal kendaraannya.

Dalam sebuah video, tampak pengawalan yang super ketat kepada Kim Jong Un saat tiba di lokasi pertemuan. Para bodyguard tersebut berlari mengikuti iringan mobil Kim Jong Un. Bahkan, pengawalan itu disebut yang paling ketat di dunia.

 

5. Kim Jong Un Tanam Pohon Perdamaian Korea Utara-Korea Selatan

Di sela pertemuan, Kim Jong Un dan Moon Jae In juga menanam pohon perdamaian. Penanam pohon tersebut menandai pertemuan bersejarah antara kedua Korea sejak Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata pada 65 tahun silam.

Dengan pertemuan ini, kedua Korea memang tengah mengukir sejarah awal perdamaian.

“Kita berada di garis awal hari ini, di mana sejarah baru perdamaian, kesejahteraan dan hubungan antar-Korea sedang ditulis,” ujar Kim Jong Un kepada Moon Jae In sebelum memulai pembicaraan.

 

6. Pertemuan Kim Jong Un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In Diwarnai Unjuk Rasa

Ratusan demonstran turun ke jalan merespons pertemuan Presiden Korea Selatan Moon Jae In dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Peserta unjuk rasa terbagi menjadi 2 kelompok yang pro dan kontra.

 

7. Kim Jong Un dan Moon Jae In Sepakat Wujudkan Korea yang Bebas Nuklir

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In menyatakan komitmen mereka untuk perlucutan senjata nuklir di semenanjung Korea.

“Korea Selatan dan Korea Utara mengonfirmasi tujuan bersama untuk mewujudkan, lewat denuklirisasi sepenuhnya, sebuah semenanjung Korea yang bebas nuklir,” demikian pernyataan bersama Kim Jong Un dan Moon Jae In usai pertemuan bersejarah yang berlangsung di desa gencatan senjata Panmunjom, seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat 27 April 2018.

 

Sumber: Detik

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *