Kim Jong Un Samakan Zona Waktu Korea Utara Dengan Korea Selatan

oleh -227 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un berniat memajukan 30 menit zona waktu negaranya agar menyatu dengan zona waktu di Korea Selatan.

 

 

Juru bicara Istana Kepresidenan Korea Selatan Cheongwadae Yoong Young Chan mengatakan niat itu diutarakan langsung oleh Kim Jong Un kepada Moon Jae In saat keduanya bertemu di Gedung Perdamaian, Desa Gencatan Senjata Panmunjon, kemarin.

Ia mengatakan Kim Jong Un merasa “patah hati” saat melihat dua jam dinding yang terpampang di ruang pertemuannya dengan Moon Jae In menunjukkan waktu kedua negara yang berbeda.

“Pemimpin Kim Jong Un mengatakan bahwa mereka ‘akan mengubah zona waktu standar ke waktu aslinya’. Beliau juga mengatakan kami boleh mengumumkan hal ini secara terbuka,” ucap Yoon mengutip perkataan Kim Jong Un, Minggu 29 April 2018.

Dikutip AFP, Korea Selata dan Korea Utara memiliki zona waktu berbeda sejak 2015, ketika Pyongyang memutuskan untuk mengubah standar waktunya lebih lambat 30 menit dari Seoul.

Hal itu dilakukan Pyongyang dengan alasan nasionalisme, mengembalikan zona wilayah waktu Korea Utara sebelum masa penjajahan Jepang 1910-1945.

Dikutip AFP, Korea Selatan dan Korea Utara memiliki zona waktu berbeda sejak 2015, ketika Pyongyang memutuskan untuk mengubah standar waktunya lebih lambat 30 menit dari Seoul.

Hal itu dilakukan Pyongyang dengan alasan nasionalisme, mengembalikan zona wilayah waktu Korea Utara sebelum masa penjajahan Jepang 1910-1945.

Secara garis besar, deklarasi itu berisikan janji kedua pemimpin yang akan mencari jalan keluar formal untuk mengakhiri Perang Korea. Sebab, kedua negara secara teknis masih berperang karena perang yang berlangsung pada 1950-1953 lalu hanya berakhir dengan kesepakatan gencatan senjata, bukan perjanjian damai.

Selain itu, kedua pemimpin memastikan bahwa denuklirisasi Semenanjung Korea sepenuhnya merupakan tujuan bersama dua Korea.

Deklarasi itu juga mendorong agar kerja sama dan hubungan kedua negara terus dikembangkan dan diperkuat ke depannya.

Sumber: CNN Indonesia

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *