Donald Trump Perintahkan Pentagon Untuk Mengurangi Jumlah Pasukan Amerika Serikat di Korea Selatan

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump telah memerintahkan Pentagon untuk menyiapkan opsi untuk mengurani jumlah pasukan Amerika Serikat di Korea Selatan.

 

 

Dikutip dari Reuters, Jumat 4 Mei 2018, langkah Donald Tump yang ingin mengurangi tingkat pasukan Amerika Serikat ini dikatakan beberapa pejabat Pentagon tidak dimaksudkan untuk menjadi alat tawar-menawar dalam KTT yang direncanakan Donald Trump pada akhir Mei atau awal Juni dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un tentang program senjata nuklir Pyongyang.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, ketika masih menjabat sebagai Direktur CIA, sempat bertemu dengan Kim Jong Un bulan lalu dan melaporkan bahwa pemimpin Korea Utara tersebut tidak menuntut penarikan semua pasukan Amerika Serikat sebagai prasyarat untuk pertemuan puncak dengan Donald Trump.

Namun, pengurangan tentara di Korea Selatan ini dimaksudkan sebagai bentuk respon Donald Trump terkait penandatanganan perjanjian damai antara Korea Utara dan Korea Selatan. Para pejabat Pentagon menyatakan, bahwa perjanjian damain antara kedua negara Korea dapat mengurangi kebutuhan akan 23.500 tentara Amerika Serikat yang saat ini ditempatkan di semenanjung itu.

“Sementara, penarikan penuh pasukan Amerika Serikat tidak mungkin dilakukan,” kata para pejabat Pentagon, yang menolak disebutkan namanya.

Donald Trump pernah mengatakan bahwa Amerika Serikat harus mempertimbangkan mengurangi jumlah pasukan di Korea Selatan kecuali jika Korea Selatan bersedia lebih banyak menanggung biaya.

Sementara itu, pemerintah Korea Selatan mengatakan pada hari Rabu bahwa isu pasukan Amerika Serikat yang ditempatkan di Korea Selatan tidak terkait dengan perjanjian perdamian di masa depan dengan Korea Utara dan bahwa pasukan Amerika Serikat harus tetap di Korea Selatan meskipun perjanjian tersebut ditandatangani.

Sumber: Kontan.co.id

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *