Inilah 5 Fakta Menarik Kemenangan Mahathir Mohamad Sebagai Perdana Menteri Malaysia

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Malaysia kini memiliki perdana menteri baru, Mahathir Mohamad dari koalisi Pakatan Harapan yang berhasil menyudahi rezim Najib Razak dari Barisan Nasional.

 

 

Setelah acara pelantikannya diundur berkali-kali, akhirnya Mahathir Mohamad pada Kamis 10 Mei 2018 pukul 21.30 waktu setempat sudah resmi menjadi Perdana Menteri Malaysia. Di hadapan Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V dari Kelantan, Mahathir Mohamad mengucapkan janjinya.

“Saya Mahathir bin Mohamad setelah dilantik memegang jabatan perdana menteri akan menunaikan kewajiban dengan daya upaya saya. Saya akan memelihara, melindungi , mempertahankan pelembagaannya,” ucap Mahathir dalam sumpahnya di hadapan Yang di-pertuan Agong Sultan Muhammad V dari Kelantan di Istana Negara, Kuala Lumpur dalam siaran langsung TV 2 Malaysia.

Berikut ini lima fakta menarik seputar kemenangan Mahathir sejak kemenangan di pemilu Malaysia hingga pelantikannya yang berulang kali diundur.

1. Menang Jauh Dari Koalisi Barisan Nasional

Pemilu 2018 mencatat sejarah penting dalam politik Malaysia. Koalisi oposisi Pakatan Harapan pimpinan Mahathir Mohamad berhasil mengalahkan kedigdayaan Barisan Nasional yang telah berkuasa di Malaysia selama 61 tahun.

Dalam perhitungan resmi pada Kamis 10 Mei 2018, pukul 04.00 Malaysia, Pakatan Harapan berhasil memperoleh 113 kursi dari total 222 kursi yang tersedia. Sedangkan koalisi Barisan Nasional pimpinan Najib Razak hanya memperoleh 79 suara.

2. Menjadi Pemimpin Tertua di Dunia

Mahathir Mohamad menjadi Perdana Menteri Malaysia di usianya yang ke 92 tahun. Rekor pemimpin tertua dunia sebelumnya dipegang oleh Perdana Menteri India Morarji Ranchhodji Desai yang meninggal dunia di usia 99 tahun pada 1995.

Ditanya soal bagaimana dirinya menjaga kondisi tubuh di usia senja, Mahathir dalam wawancara Januari lalu mengatakan dia punya rutinitas berolahraga, termasuk berjalan kaki, angkat beban, bersepeda, dan berkuda. Selain itu, dia juga gemar membaca dan menulis.

“Membaca dan menulislah. Latih otakmu,” kata dia dalam sebuah wawancara.

 

3. Tidak Pernah Kalah Pemilu

Pernah menjabat Perdana Menteri Malaysia selama 22 tahun, Mahathir sekalipun tidak pernah terkalahkan dalam pemilu. Kehadiran Mahathir Mohamad mengantarkan Pakatan Harapan menjadi oposisi pertama Malaysia yang berhasil mengalahkan Barisan Nasional.

“Ya, ya, saya masih hidup,” kata pria berusia 92 tahun ini dalam klaim kemenangannya pada pemilu, Kamis, seperti dikutip Reuters.

4. Pelantikannya Diundur Berulang Kali

Pelantikan Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri yang sedianya dilakukan Kamis, ditunda. Pelantikan dan pengambilan sumpah Mahathir awalnya diberitakan akan dilakukan sekitar pukul 09.00 waktu Malaysia.

Namun, menurut juru bicara Istana Sultan Malaysia yang dikutip Reuters, acara tersebut tidak ada dalam jadwal.

Meskipun begitu, Mahathir menegaskan bahwa dia akan dilantik pada Kamis oleh Sultan Malaysia. Memang sempat ada kebingungan peraturan konstitusi terkait kemenangannya, tapi ini telah dibenahi dan pelantikannya, kata Mahathir, akan dilakukan sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

“Kami berharap hari ini saya diambil sumpahnya sebagai presiden. Ada situasi darurat di sini. Saat ini tidak ada pemerintah di Malaysia,” ujar Mahathir.

Hingga akhirnya menurut media Bernama, pengambilan sumpah Mahathir kembali diundur menjadi pukul 21.30 waktu setempat.

 

5. Proton Berpelat 2020 Menjadi Tunggangan Mahathir ke Istana Negara

Dikutip dari Malaysia Kini, Mahathir dan istrinya, Siti Hasmah Ali, tiba di Istana dengan mobil Proton Perdana berwarna hitam metalik. Pelat nomor mobil itu adalah “Proton 2020”.

Nomor pada pelat mewakili visi Mahathir untuk mengubah Malaysia menjadi negara maju pada 2020.

 

 

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *