Surabaya Diguncang Bom, Perdana Menteri Australia Surati Joko Widodo

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Rangkaian serangan bom di Surabaya mengundang simpati dari pejabat tinggi Australia. Perdana Menteri Malcolm Turnbull menyampaikan duka dan mengutuk kejadian berdarah tersebut.

 

 

Turnbull mengatakan di situasi yang sulit ini, Australia akan selalu bersama Indonesia, khususnya dalam upaya membasmi terorisme.

“Hati kamu selalu bersama semua korban serangan itu dan rakyat Indonesia tahu mereka mendapatkan solidaritas kami dalam peperangan melawan terorisme,” sebut Turnbull, Senin 14 Mei 2018.

“Ini hampir tidak bisa dipercaya, mereka (teroris) melakukan kebrutalan, barbar, perilaku tidak manusiawi dan penghinaan,” sambung Turnbull.

Dalam keterangan persnya di Sydney, Turnbull mengatakan, dia telah mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo soal simpati dari Australia atas insiden di Kota Pahlawan.

Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, menyebut bahwa negaranya siap memperkuat kerja sama dengan aparat keamanan di Indonesia demi menghentikan aksi terorisme.

“Kami mengutuk aksi pengecut ini,” ucap Bishop.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton memastikan bahwa Australia selalu siap membantu Indonesia kapan pun jika dibutuhkan.

“Ancaman ini tidak jauh dari Australia dan Australia akan berdiri bersama mitra dekat kami Indonesia untuk bekerja bersama Presiden dan Pemerintah Indonesia demi memastikan rakyat selamat,” sebut Dutton.

Dutton mengatakan, kejadian terorisme di Surabaya yang paling mengejutkan dirinya adalah digunakannya anak kecil untuk menjadi bomber bunuh diri.

“Kejahatan telah terjadi, dan digunakannya anak-anak untuk mengebom gereja adalah sangat mengerikan,” ucap Dutton.

Pada kesempatan berbeda, mantan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd melihat peristiwa di Surabaya sebagai penanda ancaman ISIS masih sangat nyata.

“Ini adalah ancaman besar bagi Australia dan warga Barat di Asia Tenggara,” ucap Rudd.

Selain sebagai negara dekat Indonesia, sebanyak 1 juta warga Australia mengunjungi Indonesia tiap tahunnya untuk berwisata.

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *