Dollar Amerika Serikat Mendekati Rp 14.100

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Dollar Amerika Serikat (AS) masih terus menghantam Rupiah. Mata uang Paman Sam itu terus naik dan mendekati level Rp 14.100.

 

 

Dikutip dari data perdagangan Reuters, Rabu 16 Mei 2018, dollar AS dibuka di Rp. 14.032. Dollar AS terus naik hingga mencapai posisi tertingginya pagi ini di Rp 14.093.

Binaartha Sekuritas dalam risetnya menyebutkan, kembali tercatatnya defisit pada perdagangan Indonesia membuat nilai tukar rupiah tenggelam pada zona merah.

Pada awalnya rupiah mencoba memanfaatkan masih adanya pelemahan USD dan terapresiasinya euro (EUR) setelah adanya sentimen positif dari Bank Sentral Eropa (ECB), namun adanya rilis neraca perdagangan tersebut membuat rupiah tertahan potensi kenaikannya.

Neraca perdagangan Indonesia bulan April 2018 mengalami defisit senilai USD 1,63 miliar. Jika dibandingkan pada Maret 2018, kondisi ini berbanding terbalik di mana posisi Maret 2018 surplus sebesar USD 1,09 miliar. Selain itu, pelaku pasar juga antisipasi beberapa data ekonomi AS lainnya yang dapat berpotensi membuat laju USD kembali terapresiasi.

Pelemahan pada rupiah dimungkinkan dapat kembali terjadi seiring minimnya sentimen positif. Antisipasi pada beberapa data ekonomi AS antara lainconsumer spending yang diperkirakan akan meningkat dapat berimbas pada kembali naiknya USD.

Selain itu, perkiraan akan kembali naiknya imbal hasil obligasi AS pun juga akan berimbas pada terapresiasinya USD. Untuk itu, tetap mewaspada berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah. Rupiah diestimasikan akan bergerak pada kisaran support Rp 14.044 dan resisten Rp 14.000.

 

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *