#SBYJelaskan, Apakah SBY Masih Mungkin Mendukung Joko Widodo?

oleh -239 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Setelah kemunculan hashtag #SBYJelaskan, Partai Demokrat kini kembali menjajaki koalisi dengan Gerindra. Padahal sebelumnya, partai pimpinan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sempat mesra dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

 

“Sekarang mulai lagi dengan Gerindra ngobrol dan itu normal, dengan partai-partai lain juga kita ngobrol,” ujar Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan di kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Jumat 18 Mei 2018.

Hinca menyebut partainya punya ‘paket komplet’ yakni dipimpin oleh Presiden ke-6 RI SBY yang memimpin RI selama 10 tahun, punya 10,1% suara di Pemilu 2014, dan punya kader muda potensial yaitu Agus Harimurti Yudhoyono. Maka itu Demokrat juga menjalin komunikasi dengan PAN, PKS, dan PKB.

“Kalau ditanya mungkin nggak itu membentuk poros ketiga, sangat bergantung nanti 27 Juni setelah pilkada. Ada nggak korelasi langsung pilkada dengan pilpres? Ada,” ujar Hinca.

Pernyataan Hinca seakan memberi sinyal Partai Demokrat berjarak dengan PDIP. Namun, Waketum PD Syarief Hasan berharap tagar #SBYJelaskan tidak mengganggu hubungan partainya dengan PDIP.

“Ya kita harapkan tidak begitu,” kata Syarif.

Munculnya tagar #SBYJelaskan berawal dari pernyataan Joko Widodo tentang subsidi BBM dan harga BBM di Papua yang kini sudah satu harga. SBY lalu mencuit untuk menanggapi pernyataan itu.

Ketua DPP Hendrawan Supratikno lalu berharap hal ini tidak mengganggu hubungan PD dan PDIP. Hendrawan menilai SBY sosok yang negarawan.

“Komunikasi politik itu kan terus-menerus harus dikembangkan. Politisi yang tidak mengembangkan komunikasi politik itu politisi kesepian. Terus, (penjajakan) terus berjalan,” kata Hendrawan.

Hingga saat ini, Partai Demokrat belum menentukan akan berkoalisi dengan siapa. Partai itu juga belum mendeklarasikan capres ataupun cawapres untuk diusung di 2019.

Sementara itu, PDIP sudah mendeklarasikan Joko Widodo untuk kembali jadi capres. Joko Widodo juga sudah dapat dukungan 4 partai lainnya selain PDIP.

Meskipun Joko Widodo sudah kantongi dukungan 5 partai di parlemen, tetapi PDIP tidak mau serta merta menutup komunikasi dengan PDIP. Tapi, setelah ramai #SBYJelaskan apakah SBY masih mungkin mendukung Joko Widodo?

 

Sumber: Detik

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *