Piala Dunia 2018: Wasit Berhak Stop Pertandingan Jika Ada Aksi Rasisme

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Presiden FIFA, Gianni Infantino menegaskan bahwa wasit memiliki wewenang untuk menghentikan jalannya pertandingan di Piala Dunia 2018 jika ada insiden rasisme yang terjadi.

 

 

Rusia akan menjadi tuan rumah turnamen tahun ini dan muncul kekhawatiran tentang bagaimana fans dalam negeri memperlakukan pemain terutama banyak kejadian rasis di ranah sepakbola negara ini.

 

1. Anggap Masalah Serius

Soal rasisme ini memang cukup menggangu. Bahkan bek Inggris, Danny Rose, menyatakan bahwa keluarganya tidak berangkat ke Rusia karena ia khawatir mereka akan menjadi sasaran pelecehan.

Namun, Infantino menekankan bahwa FIFA mengangap rasisme adalah masalah serius yang harus diatasi segera.

“Saya tidak akan mengatakan bahwa kami prihatin soal diskriminasi, hak asasi manusia dan keamanan tetapi kami menganggap hal-hal ini sangat serius. Kami telah mengambil langkah yang tepat dalam proses persiapan,” ujarnya seperti dikutip dari Sports Mole.

2. Dapat Dihentikan Wasit

Karena masalah rasisme yang semakin berbahaya, FIFA bahkan memutuskan bahwa wasit bisa menghentikan pertandingan seandainya insiden rasisme terjadi.

“Kami memiliki prosedur yang jelas, termasuk langkah-langkah agar wasit dapat menghentikan, menangguhkan atau bahkan meninggalkan pertandingan bila terjadi kasus diskriminasi. Kami memiliki sistem pemantauan dan kemudian sanksi langsung hal tersebut terjadi,” papar Infantino

 

3. Berharap Tidak Terjadi

Infanito menambahkan FIFA berharap kejadian ini tidak akan lagi terulang karena ada konsekuensi serius yang diterima.

“Kami jelas berharap itu tidak terjadi. Semua orang telah diperingatkan bahwa jika itu terjadi akan ada konsekuensi serius,” jelasnya

FIFA pernah mendenda Federasi Sepak Bola Rusia sebesar 22.000 poundsterling atau sekitar Rp 410 juta karena para pendukung melagukan nyanyian rasis yang ditujukan pada pemain Prancis selama pertandingan pada Maret lalu.

 

Sumber: Indosport

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *