Vladimir Putin Peringatkan Bahaya Perang Dunia III

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Presiden Rusia, Vladimir Putin baru-baru ini menjadi tamu dalam sebuah acara bincang-bincang tahunan berdurasi 4,5 jam.

Dalam kesempatan tersebut, dia bicara tentang banyak hal, dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), Piala Dunia, hingga soal sosok yang akan menggantikannya sebagai penguasa di Kremlin.

 

 

Vladimir Putin juga sempat bicara soal isu Perang Dunia III. Ia menuding Amerika Serikat sedang merusak keseimbangan kekuatan nuklir global. Pria 65 tahun itu juga mengecam keputusan Amerika Serikat menarik diri dari perjanjian soal rudal anti balistik pada 2002.

“Rasa takut akan kehancuran yang diyakini dipicu (senjata nuklir) selama ini memiliki kekuatan untuk menahan dan memaksa kekuatan-kekuatan militer untuk saling menghormati satu sama lain,” kata Vladimir Putin, seperti dikutip dari situs Inggris, The Week, Sabtu 9 Juni 2018.


Mengenai sanksi yang dikenakan oleh Barat pasca-aneksasi Moskow atas Krimea pada 2014, Vladimir Putin mengatakan, sangat jelas bagi Rusia untuk membela kepentingannya dalam hal ekonomi dan pertahanan, meskipun tidak dengan cara yang kasar.

Vladimir Putin berpendapat, sanksi-sanksi tersebut adalah upaya untuk menjegal Rusia.

“Rusia dianggap sebagai ancaman, sebagai pesaing,” kata dia.

Pada saat ditanya, apakah sanksi berkepanjangan pada Rusia akan memicu Perang Dunia III? Vladimir Putin mengutip apa yang pernah disampaikan ilmuwan ternama Albert Einstein.

“Saya tidak tahu senjata apa yang akan digunakan pada Perang Dunia III, namun jika Perang Dunia IV sampai terjadi, manusia akan bertempur dengan menggunakan kayu dan batu,” kata dia.

Apa yang disampaikan Einstein menggambarkan kengerian jika Perang Dunia III sampai terjadi di muka bumi. Jutaan orang akan menjadi tumbal, kerusakan sedemikian parah, sehingga manusia kembali ke ‘zaman batu’.

Vladimir Putin menambahkan, kepentingan negara mana pun tidak boleh dilindungi dengan jalan konfrontasi.

“Pemahaman bahwa Perang Dunia III bisa menjadi akhir peradaban harus membuat kita menahan diri dari tindakan mengambil langkah ekstrem di arena internasional yang sangat berbahaya bagi peradaban modern,” kata Vladimir Putin.

 

Kekuatan Nuklir Rusia yang Mengerikan

Meskipun memperingatkan bahaya yang bisa ditimbulkan dari konflik besar global, Rusia di atas kertas mempunyai kemampuan untuk ‘menghancurkan dunia’.

Moskow memiliki 7.000 senjata nuklir, yang membuat Rusia menjadi negara dengan persenjataan nuklir paling beragam dan merusak di dunia.

“Vladimir Putin dapat secara sepihak memutuskan untuk memulai perang yang bisa mengakhiri peradaban,” demikian dikutip dari Business Insider.

Dalam pidatonya awal tahun ini, Vladimir Putin membanggakan kemampuan negaranya, yang oleh sebagian pihak dianggap mengonfirmasi keberatan senjata ‘pemicu kiamat’ Rusia yang bisa membuat sebagian wilayah dunia tidak layak dihuni selama beberapa dekade.

 

Sumber: Liputan6

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *