Kim Jong Un: Tidak Mudah Bertemu Donald Trump

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un menyebut proses menuju pertemuanya dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump hari ini di Singapura, Selasa 12 Juni 2018 tidaklah mudah.

 

 

“Datang ke sini tidak-lah mudah. Tetapi kami berhasil mengatasi semuanya dan kami hadir dari ini,” kata Kim Jong Un saat duduk bersama Donald Trump di ruang bilateral, Capella Hotel, Singapura.

Melalui penerjemah, Kim Jong Un juga mengatakan pertemuan bersejarahnya dengan Donald Trump hari ini bisa berakhir dengan baik.

Sementara itu, Donald Trump mengaku merasa terhormat bisa bertemu dengan Kim Jong Un. Dia menganggap pertemuan hari ini merupakan terobosan dari kesuksesan besar dalam hubungan Amerika Serikat-Korea Utara.

“Saya merasa sangat senang dan terhormat untuk bertemu Kim Jong Un. Saya pikir kami berdua akan melakukan diskusi yang baik dan sukses,” ucap Donald Trump.

Denuklirisasi Korea Utara diperkirakan akan menjadi salah satu topik utama dalam pertemuan kedua pemimpin tersebut. Dalam pertemuan ini, Amerika Serikat berupaya meminta kepastian Korea Utara agar mau melucuti senjata nuklir sepenuhnya.

Meskipun begitu, belum ada kepastian dari pihak Korea Utara apakah mereka akan mengikuti permintaan Amerika Serikat tersebut. Sejauh ini, Pyongyang menuntut jaminan keamanan dari Amerika Serikat sebagai syarat denuklirisasi di Semenanjung Korea terwujud.

Selain pelucutan nuklir, kedua pemimpin juga diperkirakan akan membahas normalisasi hubungan Amerika Serikat-Korea Utara yang selama ini tidak memiliki hubungan diplomatik apapun.

Donald Trump dan Kim Jong Un juga diperkirakan akan mendiskusikan perjanjian damain mengakhiri Perang Korea 1950-1953 yang hanya berakhir dengan gencatan senjata.

Pertemuan keduanya dijadwalkan akan berlangsung hingga pukul 13.00 dan akan diselingi oleh acara makan siang pada pukul 11.30 waktu Singapura.

Setelah pertemuan dengan Donald Trump, Kim Jong Un dilaporkan akan langsung kembali ke Korea Utara sekitar pukul 14.00. Sementara, Donald Trump dikabarkan baru akan meninggalkan Singapura dan kembali ke Amerika Serikat pada malam ini sekitar pukul 19.00.

 

Sumber: CNN Indonesia

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *