Selain Kim Jong Un dan Donald Trump, Inilah 7 Jabat Tangan Bersejarah di Dunia

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Perhatian dunia saat ini tertuju ke Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, menyaksikan kopdar Kim Jong Un dan Donald Trump.

Pertemuan pemimpin tertinggi Korea Utara dan Presiden Amerika Serikat ini sangat dinantikan demi mewujudkan perdamaian dunia.

 

 

Pemerintah Singapura pun rela menggelontorkan dana Rp 209 miliar untuk menyambut pertemuan tersebut. Mayoritas anggaran itu digunakan untuk pengamanan.

Momen jabat tangan keduanya menjadi peristiwa bersejarah. Karena untuk pertama kalinya pemimpin kedua negara ini bertemu sejak Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata pada 1953.

Dari banyaknya jabat tangan antar tokoh-tokoh penting di dunia, terdapat sejumlah jabat tangan yang menjadi ikonik dan bersejarah.

Berikut ini dirangkum 7 momen jabat tangan paling bersejarah di dunia:

1. Richard Nixon dan Elvis Presley

Pada 21 Desember 1970, Presiden Amerika Serikat Richard Nixon kedatangan legenda terbesar Rock n Roll Elvis Presley di kantornya di White House, Washington DC. Elvis datang dengan kostum khasnya dengan kerah tinggi lengkap dengan kalung dan ikat pinggang besar.

Kedatangannya ke White House saat itu bertujuan untuk menyatakan keinginannya menjadi agen federal dalam upaya pemberantasan narkoba di Amerika. Elvis disambut oleh Nixon di ruang kerjanya, Oval Office. Keduanya kemudian berjabat tangan dan berfoto bersama.

Momen ini terasa begitu ikonik mengingat Elvis adalah sosok yang begitu besar di era 1970-an, begitu pula dengan Nixon selaku Presiden Amerika Serikat yang menjabat dari tahun 1969-1974.

2. Adolf Hitler dengan PM Inggris Neville Chamberlain

Adolf Hitler menjadi sosok yang begitu berperan di masa Perang Dunia II. Nazi di bawah kendalinya saat itu bersiap mengirim pasukan ke Cekoslovakia untuk menduduki Sudetenland (kini masuk wilayah Republik Ceko).

Merespons itu, PM Inggris Neville Chamberlain pergi ke Godesberg, Bonn, Jerman untuk mengadakan pertemuan dengan Hitler pada 3 September 1938. Hitler menerima kedatangan Chamberlain di Hotel Dreesen dengan jabatan tangan.

Sayangnya, pertemuan itu berakhir kurang baik. Seminggu kemudian, keduanya kembali bertemu dan membuat kesepakatan di Munich, Jerman. Hasilnya, Chamberlain mempersilakan Hitler menduduki Sudetenland dengan syarat perdamaian antara Jerman dan Inggris.

Momen keduanya bersalaman dianggap sebagai pereda di tengah tinggi tensi antar negara-negara yang terlibat di Perang Dunia II.

3. Harry S. Truman, Winston Churchill, dan Joseph Stalin

Tidak lama setelah menyerahnya Nazi Jerman dalam Perang Dunia II, pemimpin negara dari kelompok sekutu langsung mengadakan pertemuan. Bertempat di Postdam, Jerman pada 25 Juli 1945, tiga pemimpin negara dari kelompok sekutu, Harry S. Truman (AS), Winston Churchill (Inggris), dan Joseph Stalin (Uni Soviet) bertemu.

Mereka berfoto bersama sambil saling menjabat tangan. Truman yang berada di tengah diapit oleh Churchill dan Stalin. Ketiganya tampak tersenyum bersama. Foto ini kemudian menjadi simbol kemenangan sekutu atas Jerman di Perang Dunia II.

Ketegangan antara Mesir dan Israel berakhir usai ditandatanganinya kesepakatan Camp David. Kesepakatan ini kemudian melahirkan perjanjian damai Israel-Mesir yang ditandatangani oleh Anwar Sadat selaku Presiden Mesir dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin pada 26 Maret 1979 di Washington DC, Amerika Serikat.

Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter ikut hadir dalam perjanjian tersebut. Ketiganya terlihat berjabat tangan bersama usai ditandatanganinya perjanjian damai. Berkat perjanjian tersebut, Sadat dan Begin dianugerahi Nobel Perdamaian.

Namun di sisi lain, kebijakan ini membuat Sadat dibenci di negaranya sendiri yang berujung pada pembunuhannya pada 6 Oktober 1981.

 

5. Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin dan Yasser Arafat

Perseteruan panjang Israel dan Palestina sempat mereda pada 1993. Hal itu ditandai dengan ditandatanganinya Konferensi Oslo pada 13 September 1993.

Dua tokoh paling berpengaruh antar dua negara Yitzhak Rabin (PM Israel) dan Yasser Arafat (Ketua Organisasi Pembebasan Palestina – PLO) berjabat tangan usai penandatanganan Konferensi Oslo. Hadir dalam kesempatan tersebut, Presiden Amerika Serikat Bill Clinton.

Dalam foto yang menampilkan Yitzhak dan Arafat bersalaman, tampak Clinton berdiri di antara keduanya. Sayangnya, akibat perjanjian damai ini Yitzhak tewas dibunuh oleh aktivis sayap kanan Israel yang menolak Konferensi Oslo.

 

6. Kim Jong Un dan Moon Jae In

Kim Jong Un menjadi Pemimpin Korea Utara pertama yang menginjakkan kaki di Korea Selatan sejak pecahnya Perang Korea pada 1950. Pertemuan bersejarah tersebut terjadi pada Jumat, 27 April 2018.

Dengan sambutan hangat dari Moon Jae In, keduanya saling bergandengan tangan saat menuju wilayah Korea Selatan. Keduanya mengadakan pertemuan di Desa Panmunjom yang berlokasi tidak jauh dari Zona Demiliterisasi (DMZ) antar kedua negara.

Pertemuan keduanya pun berbuah manis. Kim Jong Un dan Moon Jae In bersepakat untuk membangun perdamaian antar kedua negara termasuk kesediaan Kim Jong Un untuk melucuti persenjataan nuklirnya.

 

7. Kim Jong Un dan Donald Trump

Kim Jong Un kembali menjadi pelaku jabat tangan bersejarah dunia, kali ini dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Momen pertemuan keduanya ini sangat dinantikan demi mewujudkan perdamaian dunia.

Kim Jong Un dan Donald Trump bertemu di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa 12 Juni 2018. Ada dua hal penting yang dibahas dalam pertemuan tersebut yaitu soal perdamaian Korea dan denuklirisasi Korea Utara.

Pertemuan ini terjalin setelah dalam setahun terakhir Donald Trump dan Kim Jong Un perang urat syaraf, saling maki dan ancam. Donald Trump mengejek Kim Jong Un dengan sebutan maniak dan manusia roket. Sebaliknya Kim Jong Un menyebut Donald Trump dengan sebutan dotard, sebuah kata dari Bahasa Inggris lama yang berarti orang tua pikun yang gila.

Namun, dalam pertemuan yang sempat hampir gagal ini tidak ada caci maki antara kedua pihak. Kim Jong Un dan Donald Trump bahkan terlihat mesra dengan beberapa kali salaman dan sentuhan tangan.

 

Sumber: kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *