Joko Widodo Jawab Tudingan SBY Tentang Netralitas Polri dan BIN

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Presiden RI ke-6 yang juga Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, menuding aparat keamanan tidak netral menjelang penyelenggaraan Pilkada serentak 2019.

Pernyataan SBY ini menjadi sorotan dan direspons berbagai pihak, termasuk Presiden Joko Widodo.

 

 

Jokowi membantah tudingan SBY. Dia memastikan, bahwa aparat keamanan dalam posisi netral.

“Netralitas TNI, netralitas Polri, netralitas BIN itu bersifat mutlak dalam penyelenggaraan pemilu maupun pilkada. Dan, ini sudah saya tegaskan untuk disampaikan ke jajaran yang ada di Polri, TNI, dan BIN,” kata Presiden Joko Widodo, di sela-sela meninjau venue Asian Games di GBK, Jakarta, Senin 25 Juni 2018.

Menurut dia, netralitas sudah ia instruksikan langsung ke Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan.

Joko Widodo menyebut, untuk itu semua pihak harus turut serta mengawasi. Termasuk masyarakat, agar bisa memantau pelaksanaan itu.

“Marilah kita bersama-sama mengawasi,” kata Joko Widodo.

Sebelumnya, SBY menuduh aparat TNI, Polri, dan BIN telah bersikap tidak netral. Presiden dua periode ini mengklaim memiliki bukti atas seluruh tuduhannya. Ia menegaskan, pernyataannya ini bukan bermaksud mendramatisasi atau berlebih-lebihan.

“Tidak ada niat seorang SBY melebihkan, mendramatisasi. Saya tidak dodo liar, itu bukan DNA saya, tetapi yang saya sampaikan ini cerita tentang ketidaknetralan elemen oknum dari BIN, Polri, dan TNI itu nyata adanya. Ada kejadiannya, bukan hoax,” ujar SBY.

Sumber: Viva.co.id

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *