Tidak Hanya Anies, Ahok Juga Kerap Dilaporkan PNS yang Baru Dicopot

oleh -216 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Pejabat DKI Jakarta yang dicopot oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melapor ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) karena tidak puas dengan keputusan itu.

 

Rupanya, laporan semacam ini sudah lumrah terjadi. Bahkan, di era kepemimpinan sebelumnya, yaitu Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok juga sering muncul laporan serupa.

“Ini bukan kali pertama sebetulnya. Dulu zaman Ahok juga pernah dan sudah diberikan rekomendasi. Entah kenapa kok zaman Anies ini ramai,” kata Komisioner KASN Ida Nurida saat dikonfirmasi, Selasa 17 Juli 2018.

Selama menjabat, Ahok terbilang sangat sering mencopot dan merotasi pejabat. Setiap kali ada pencopotan, pejabat melapor ke KASN. Rekomendasi juga sudah disampaikan kepada Ahok.

“Rekomendasinya kami beri peringatan berkali-kali,” imbuh dia.

Ida menjelaskan, tidak semua pencopotan pejabat salah. Hanya saja, yang lebih sering terjadi, kepala daerah tidak menjalankan prosedur pencopotan dengan benar.

“Harusnya kan pejabat itu dipanggil, diminta keterangan, di-BAP lah. Baru bisa dilakukan pencopotan. Beda lagi kalau pegawai yang ditangkap KPK misalnya, atau ditangkap tangan itu bisa langsung dicopot baru prosesnya berjalan,” jelas dia.

Ida mengatakan, saat ini KASN tengah melakukan investigasi terkait laporan sejumlah pejabat DKI yang dicopot oleh Anies. Mereka diminta mengumpulkan dokumen yang bisa menjadi bukti atau menguatkan laporan mereka.

Di sisi lain, pihak Pemprov DKI Jakarta, seperti Sekretaris Daerah dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah juga sudah diperiksa. Kedua belah pihak nantinya akan dipertemukan dalam sebuah mediasi untuk mencari penyelesaian masalah ini.

“Bisa tetap dicopot, bisa kembali ke jabatan semula, bisa juga dapat jabatan baru yang setara tingkatnya. Intinya, hak mereka tidak terganggu, tapi tidak juga membela mati-matian. Kami mengedepankan fairness lah,” ucap Ida

 

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *