Gelombang Panas di Jepang, Jumlah Korban Tewas 30 Orang

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Jumlah korban tewas akibat gelombang panas di Jepang bertambah menjadi 30 orang. Ribuan orang juga dilaporkan dilarikan ke rumah sakit akibat serangan cuaca panas.

 

 

Diberitakaan Associated Press, di antara korban tewas terbaru adalah seorang siswa berusia enam tahun di prefektur Aichi. Dia meninggal dunia setelah kepanasan ketika studi lapangan di taman bersama kawan-kawan sekolahnya pekan lalu.

Akibat kematian ini, Kementerian Pendidikan Jepang melayangkan peringatan kepada sekolah-sekolah untuk tidak beraktivitas di luar ruangan selama musim panas.

Di beberapa wilayah Jepang, suhu mencapai 40,7 derajat Celcius. Di Tokyo saja, suhu tertinggi mencapai 40 derajat Celcius dan di Kyoto mencapai 39,8 derajat Celcius.

Japan Times melaporkan setidaknya 10 ribu orang dilarikan ke rumah sakit akibat serangan panas. Di Tokyo sendiri, ada lebih dari 3.000 panggilan darurat akibat panas pada Rabu lalu, rekor tertinggi dalam sehari di ibukota.

Cuaca panas juga menghambat proses evakuasi korban di bagian barat Jepang dalam  bencana banjir dan longsor yang telah menewaskan lebih dari 200 orang. Sebanyak 12 orang masih hilang dalam bencana tersebut. Sekitar 4.500 warga korban banjir masih tinggal di kamp pengungsian.

“Kami beroperasi dalam kondisi yang berat, dengan panas yang parah di wilayah ini,” kata Koji Kunitomi, juru bicara manajemen bencana di prefektur Okayama, kata AFP.

Suhu panas ini juga menimbulkan pertanyaan soal pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 yang akan dilakukan pada Juli dan Agustus, di puncak musim panas. Para ahli memperingatkan, suhu pada Olimpiade nanti akan lebih panas sehingga aktivitas luar ruangan harus dibatasi.

 

Sumber: Kumparan

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *