Joko Widodo Putuskan Pertamina Kuasai Blok Terbesar RI Setelah 50 Tahun

oleh -202 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Pemerintahan Joko Widodo memutuskan PT Pertamina (Persero) sebagai pemenang untuk mengelola Blok Rakon di Riau selama 20 tahun ke depan dari 2021 hingga 2041.

Pertamina akan mengambil alih pengelolaan blok migas terbesar di Tanah Air ini dari Chevron Pacific Indonesia yang saat ini memegang kelola hingga 2021.

 

 

Pemerintah lewat Menteri ESDM menetapkan pengelolaan Blok Rokan mulai 2021 selama 20 tahun ke depan akan diberikan pada Pertamina,” kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Selasa 31 Juli 2018.

Arcandra mengatakan keputusan tersebut diberikan bukan karena alasan politis namun karena proporsal yang diajukan Pertamina dianggap lebih besar dari yang ditawarkan Chevron.

Dia bilang ada empat hal yang menjadi pertimbangan tim dalam mengevaluasi kedua proposal penawaran. Pertama signature bonus atau bonus tanda tangan, kedua komitmen kerja pasti, ketiga pendapatan negara dan keempat diskresi gross split.

“Ini tim Insyaallah kita stick dengan apa yang bisa kita compare. Insyaallah teknis komersial,” jelas Arcandra.b

Chevron telah mengelola Blok Rokan sejak 1971 hingga 2021 atau kurang lebih 50 tahun. Arcandra bilang dalam pengelolaan Chevron produksi yang dihasilkan oleh blok ini sebesar 200 ribu barel per hari.

Sumber: Medcom

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *