Vladimir Putin Akan Bertemu Kim Jong Un dalam Waktu Dekat

oleh

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Presiden Rusia Vladimir Putin bersiap untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam waktu dekat.

 

 

Demikian laporan dari kantor berita Korea Utara, KCNA, Rabu 15 Agustus 2018, seperti dikutip dari AFP dan Yonhap.

Vladimir Putin memang mengundang Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In pada Juni lalu untuk menghadiri forum ekonomi di Vladivostok yang digelar bulan depan.

Namun, tidak diketahui apakah pemimpin Korea Utara itu merespons undangan tersebut.

Dalam sebuah pesan kepada Kim Jong Un, Vladimir Putin mengungkapkan maksudnya untuk mengadakan konferensi tingkat tinggi bersama Kim Jong Un.

Pesan itu disampaikan Vladimir Putin dalam rangka Hari Pembebasan Nasional Korea Utara dari pendudukan kolonial Jepang pada 1910-1945, yang dirayakan tiap 15 Agustus.

“Saya siap untuk bertemu Anda dalam waktu dekat untun membahas masalah mendesak mengenai hubungan bilateral dan hal penting di kawasan,” kata Vladimir Putin.

Namun, laporan dari KCNA tidak menyebutkan tanggal kepastian kedua pemimpin tersebut akan bertemu.

Vladimir Putin berharap dapat lebih mengembangkan hubungan timbal balik di Semenanjung Korea, termasuk realisasi proyek ekonomi tiga negara dengan melibatkan Korea Selatan.

Kim Jong Un juga mengirim pesan ke Vladimir Putin dengan menggarisbawahi tradisi berharga kedua negara yang mengakar kuat karena perjuangan bersama saat perang melawan Jepang.

KCNA tidak menjelaskan mengenai pesan Kim Jong Un itu disampaikan setelah atau sebelum menerima undangan dari Vladimir Putin.

Seperti diketahui, hubungan diplomatik antara negara Semenanjung Korea mulai mencari ketika Olimpiade Musim Dingin 2018 di PyeongChang, Korea Selatan, pada Februari lalu.

Setelah itu, Kim Jong Un dan Moon Jae In bertemu untuk pertama kalinya. Kemudian, Kim Jong Un diketahui melakukan lawatan pertamanya ke luar negeri dengan menemui Presiden China Xi Jinping di Beijing.

Langkah Kim Jong Un tidak berhenti di situ. Pada Juni lalu, dia bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Singapura.

Sumber: Kompas.com

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *