Presiden Joko Widodo Ingin Rumah Tahan Gempa Lebih Banyak di Indonesia

oleh -106 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Presiden Joko Widodo ingin rumah tahan gempa seperti Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) dan Rumah Instan Kayu (Rika) lebih banyak di Indonesia, terutama di Lombok.

Hal ini karena Lombok masuk dalam kategori daerah rawan gempa.

 

 

“Boleh rumah Risha, rumah kayu, yang penting konstruksinya tahan gempa diarahkan nanti dari pedamping Kementerian PUPR. Ingat bapak ibu sekalian Lombok adalah masuk garus cincin api pernah gempa besar di tahun 1978,” ujarnya saat berkunjung ke Desa Belanting, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Kamis 18 Oktober 2018.

Presiden Jokowi menjelaskan, banyak daerah di Indonesia yang berada pada zona ring of fire atau zona cincin api. Untuk itu, kewaspadaan harus ditingkatkan dengan membangun rumah anti gempa.

“Negara kita besar, yang di lingkari namanya ring of fire oleh cincin api yang banyak sekali gunung berapi dan banyak juga wilayah yang dalam garis cincin api yang mudah terkena gempa. Kita punya pengalaman di aceh gempa dan tsunami,” jelasnya.

“Pernah gempa besar di Padang, Sumatera barat. Pernah gempa besar di Jogja. Pernah juga NTB tahun 1978 gempa besar. Negara ini pada cincin api. Di Palu Donggala baru saja. Inilah yang harus diketahui oleh masyarakat sehingga kita harus tetap selalu hati hati waspada terhadap gempa,” sambungnya.

Pemerintah sendiri melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memastikan bahwa Risha dan Rika tahan terhadap gempa. Sehingga, kedua rumah ini sangat dianjurkan digunakan oleh masyarakat.

“Setiap bangun rumah harus rumah yang tahan gempa pakai tembok tahan gempa, kayu juga boleh yang tahan gempa. Sudah boleh lagi bangun tanpa konstruksi yang benar maka diarahkan oleh kementrian PUPR,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

 

Sumber: Merdeka.com

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *