Joko Widodo Ingatkan Pentingnya Toleransi di Masyarakat

oleh -130 views

Situs Berita Terpercaya, Berita Akurat – Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat menyinggung mengenai fitnah hingga ujaran kebencian mewarnai kontestasi politik saat ini.

 

Menurut Joko Widodo, kebudayaan bangsa harus dilandasi dengan jiwa toleransi dalam kontestasi kata.

Sebab kata dia, kontestasi tanpa toleransi dapat memicu kecemburuan dan kebencian di masyarakat.

“Harus diingat kontestasi kata tanpa toleransi akan memicu perang kata yang penuh ujaran kebencian, saling menghujat, saling memfitnah, seperti yang sering kita lihat akhir-akhir ini,” ujar Jokowi di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 9 Desember 2018.

Tak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta mengimbau masyarakat untuk menghindari kontestasi politik yang menghalalkan segala cara untuk kemenangan. Menurut Jokowi, masyarakat membutuhkan panggung interaksi yang bertoleransi.

“Oleh karena itu kita tidak hanya cukup menjamin ketersediaan panggung ekspresi, tidak cukup. Kita butuhkan panggung toleransi dalam berinteraksi,” ucapnya.

Selanjutnya, Jokowi menyatakan negara juga harus hadir dalam memfasilitasi masyarakat untuk berekspresi yang bertoleransi. Akan tetapi, hal tersebut tidak dapat dimanfaatkan bila masyarakat tidak memiliki nilai toleransi dalam dirinya.

“Yang dibutuhkan bukan hanya ruang yang ada di diri kita. Tapi juga di dalam tubuh dan dalam pikiran kita. Ini penting sekali,” jelas Jokowi.

Sumber: Merdeka.com

Berita Akurat | Berita Akurat Terpercaya | Berita Terkini | Situs Berita Terpercaya | Berita Akurat Terkini

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *